UMN Knowledge Center

Kegiatan media relations pt astra international tbk dalam mempertahankan citra positif di kalangan media

Chrisselia, Brigietta Putri Kasih (2013) Kegiatan media relations pt astra international tbk dalam mempertahankan citra positif di kalangan media. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (807kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (965kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (932kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (733kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (812kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai kegiatan media relations yang dijalankan PT Astra International Tbk di tahun 2012, di mana kegiatan-kegiatan tersebut berperan dalam mempertahankan citra positif perusahaan di kalangan media. Kegiatan media relations telah dilakukan Astra selama beberapa dekade karena Astra memahami pentingnya membangun dan memelihara hubungan baik dengan wartawan dan media, demi mendukung jalannya bisnis perusahaan. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: Corporate Communication menurut Joep Cornelissen, strategi Public Relations oleh Firsan Nova, kegiatan-kegiatan Media Relations oleh Rini Darmastuti dan pemahaman mengenai Corporate Image dari Elvinaro Ardianto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dengan melakukan wawancara terhadap dua orang informan, yakni Head of Public Relations Division Astra dan Head of External Relations yang membawahi kegiatan media relations di Astra. Selain itu peneliti juga melakukan observasi untuk penelitian ini ketika melaksanakan praktik kerja magang di perusahaan bersangkutan. Simpulan yang didapat dari hasil penelitian ini adalah bahwa Astra melaksanakan kegiatan media relations dengan sangat baik dan berhasil mempertahankan citra positifnya di kalangan media, yaitu bersikap terbuka, equal treatment dan dapat dipercaya. Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa tantangan dalam melakukan kegiatan media relations di Astra adalah untuk tetap update akan segala berita serta informasi mengenai wartawan/media.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication > HD30.1 Media Relations
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication > HD30.5 Media Marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Public Relations
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 17 Jul 2017 04:12
Last Modified: 28 Sep 2017 09:14
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/1003

Actions (login required)

View Item View Item