Tresna Perdana Nugraha, Ignatius Pangestu (2019) Perancangan City Branding Kota Tangerang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Perancangan branding Kota Tangerang merupakan perancangan yang membahas hal-hal mengenai proses pembentukan dan memperkuat identitas dari Kota Tangerang yang sudah memudar, terlihat dimana Kota Tangerang dengan segala keunggulan dan potensinya masih belum dapat teridentifikasi dengan baik karena masih sering di kaitkan dengan kota tetangganya terutama Kota Tangerang Selatan. Era globalisasi dalam penerapan otonomi daerah membuat kini tiap kota berlomba- lomba dalam upaya merebut pasar yang ada. Dengan kondisi citra Kota Tangerang saat ini sangat sulit untuk Kota Tangerang dapat bersaing dengan kota lainnya, contohnya seperti pendapatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Tangerang sudah terlampaui jauh dengan Kota Tangerang selatan yang terbilang lebih muda. Dengan memperkuat identitas serta citranya saat ini, diharapkan Kota Tangerang dapat bersaing pada dengan kota-kota lainnya yang terus semakin berkembang dan semakin di kenal oleh masyarakat. Metode perancangannya sendiri, penulis memulai dengan tahap pengumpulan data melalui wawancara serta melakukan survey, kemudian penulis mengolah data yang di dapat dan mulai melakukan proses brainstorming beserta studi visual sesuai dengan literatur yang telah penulis pelajari dari pedoman mem-branding kota yang disusun oleh CEOs for Cities (2006), kemudian barulah penulis mulai mewujudkannya kedalam rancangan identitas visual yang sesuai dengan Kota Tangerang. Hasil identitas visual yang dirancang dalam city branding nantinya akan berupa buku pedoman standart manual yang akan menjadi acuan dalam penerapan identitas visual yang ada dalam berbagai media dan kondisi yang diharapkan dapat berguna bagi pemerintah dan Kota Tangerang.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Identitas Visual, City Branding, Tangerang, Kota, Branding |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > 729 Design and decoration of structures and accessories 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 10:17 |
Last Modified: | 17 Oct 2023 00:22 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10043 |
Actions (login required)
View Item |