UMN Knowledge Center

Analisis Klasifikasi Gambar Berbasis Chatbot pada Platform Social Commerce LINE@

Gabrielle Nangoy, Jennifer (2019) Analisis Klasifikasi Gambar Berbasis Chatbot pada Platform Social Commerce LINE@. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
BAB_IV (17).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V (18).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (792kB)
[img] Text
HALAMAN_AWAL (20).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA (16).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (414kB)
[img] Text
BAB_II (18).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (889kB)
[img] Text
BAB_I (23).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (908kB)
[img] Text
LAMPIRAN (20).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_III (19).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (703kB)

Abstract

Perkembangan teknologi internet yang bergerak pesat menimbulkan dampak pada perubahan gaya hidup menjadi lebih digital. Munculnya e-commerce merupakan salah satu hasil perkembangan teknologi. E-commerce didefinisikan sebagai proses jual beli yang dilakukan secara online. Social commerce merupakan salah satu kategori dari e-commerce. LINE Messenger merupakan salah satu aplikasi messaging yang ikut menyediakan wadah untuk social commerce melalui Official Account (OA). Lewat OA tersebut nantinya penjual akan berkomunikasi langsung dengan pembeli untuk proses transaksi. Produk yang dijual biasanya akan dipasarkan melalui sosial media dan pembeli yang tertarik akan langsung menghubungi penjual dengan mengirimkan gambar produk melalui aplikasi messaging. Namun, penjual akan membutuhkan waktu untuk membalas pesan dari pembeli tersebut sehingga pembeli harus menunggu. Penelitian ini membangun sebuah chatbot yang berguna untuk menangani pesan gambar yang dikirim oleh pembeli dan memberikan balasan berupa informasi dari produk tersebut sehingga pembeli bisa mendapatkan informasi produk lebih cepat. Chatbot dibangun menggunakan metode Convolutional Neural Network untuk dapat mengklasifikasikan gambar. Hasil pengujian didapat nilai akurasi yaitu 0.41 dan chatbot mampu men-generasi pesan untuk dibalaskan kepada pembeli.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: sosial commerce, LINE Messenger, chatbot, Convolutional Neural Network, image classification
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800-8360 Electronics > TK7885-7895 Computer engineering. Computer hardware
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Teknik Komputer
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2019 09:52
Last Modified: 10 Jan 2020 09:21
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/10095

Actions (login required)

View Item View Item