UMN Knowledge Center

Penerapan Narrative Immersion dan Technical Immersion dalam Video 360? (Analisis terhadap Video 360? ?Fight for Falluja? di Kanal Youtube The New York Times)

Meydio Pradipta, Kevin (2019) Penerapan Narrative Immersion dan Technical Immersion dalam Video 360? (Analisis terhadap Video 360? ?Fight for Falluja? di Kanal Youtube The New York Times). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu konten multimedia interaktif yang muncul saat ini adalah 360? Video. Bentuk ini menjanjikan peluang baru untuk mendukung konten informasi dan emosional dalam jurnalisme visual karena sifat pandangan yang omnidirectional. Ciri ini berkaitan dengan sifat video 360? yang imersif bagi penonton. Hal ini dimanfaatkan oleh beberapa media jurnalistik sebagai salah satu produk immersive storytelling. Penyajian bentuk storytelling ini menjadi latar belakang untuk meneliti bagaimana melihat penerapan immersion yang di alami ketika menonton video 360?. Dua konsep utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah narrative immersion dan technical immersion. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penerapan narrative immersion dan technical immersion dalam konten video 360?. Elemen-elemen narrative immersion dan technical immersion dalam penelitian ini akan diidentifikasi dan dijadikan sebagai `pisau analisis' dalam membedah video 360?. Analisis isi kualitatif akan digunakan pada salah satu konten video 360? yang diproduksi oleh The New York Times. Selain mengkaji melalui dua konsep tersebut penelitian ini juga akan mengkaji dengan konsep storytelling untuk melihat relevansi penggunaan storytelling yang umumnya digunakan pada video linear. Unit analisis video dibagi dalam scene, shot, audio (narasi). Setelah memecah video tersebut ke dalam unit-unit tersebut, maka bagian tersebut dikaitkan dengan narrative immersion, technical immersion dan storytelling. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan narrative immersion dapat digunakan untuk mendeskripsikan setiap adegan serta digunakan untuk mengklasifikasikan jenis imersi yang dialami penonton. Penggunaan technical immersion dapat digunakan untuk membimbing perhatian penonton dalam format video 360? yang omnidirectional. Penggunaan konsep storytelling juga masih relevan untuk mengkaji konten video 360?. Hasil penelitian ini diharapkan bisa menentukan apakah konsep narrative immersion dan technical immersion dapat menjadi `pisau analisis' dalam meneliti konten video 360? storytelling.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: video 360?, narrative immersion, storytelling, scene, technical immersion,
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2019 09:40
Last Modified: 13 Jan 2020 07:56
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/10123

Actions (login required)

View Item View Item