UMN Knowledge Center

Strategi programming dan fungsi komunikasi politik media: studi kasus tayangan indonesia memilih di metro tv

Rasli, Christianto (2014) Strategi programming dan fungsi komunikasi politik media: studi kasus tayangan indonesia memilih di metro tv. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (798kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (923kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (757kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas strategi programming sebuah program berita pemilu dan implementasinya dalam menjalankan fungsi komunikasi politik. Latar belakang dari penelitian ini adalah masyarakat yang membutuhkan informasi seputar pemilu dan angka golput yang kian meningkat setiap lima tahunnya, sehingga media hadir di tengah masyarakat untuk menjalankan fungsi komunikasi politiknya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui strategi programming ‘Indonesia Memilih’ Metro TV dan implementasinya dalam menjalankan fungsi komunikasi politik sebagai saluran televisi pemilu. Konsep dalam penelitian ini antara lain jurnalistik televisi, strategi programming media penyiaran, dan fungsi komunikasi politik. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif-deskriptif, dengan paradigma post-positivisme, dan dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ‘Indonesia Memilih’ menyusun strategi programming berdasarkan aspek management strategic. Namun ditemui ada dua hal baru dalam promosi program yakni launching program dan penggunaan superimbose logo. Sehubungan dengan fungsi komunikasi politiknya, ‘Indonesia Memilih’ ditemui tidak objektif dalam pemberitaannya terkait proporsi berita partai Nasdem yang cenderung lebih besar.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99.7 Framing Analysis
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1990 Broadcasting > PN1992-1992.92 Television broadcasts
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 17 Jul 2017 04:29
Last Modified: 27 Sep 2017 08:35
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/1015

Actions (login required)

View Item View Item