UMN Knowledge Center

Konstruksi citra kaum pria dalam rubrik sex & relationship di majalah wanita "cita cinta" (sebuah studi analisis framing)

Clara, Clara (2014) Konstruksi citra kaum pria dalam rubrik sex & relationship di majalah wanita "cita cinta" (sebuah studi analisis framing). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (871kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (765kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (695kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Seksualitas selalu menjadi hal yang menarik di kalangan remaja dan ada kalanya, remaja memiliki keingintahuan yang tinggi mengenai seksualitas. Media massa pun menjadi pilihan untuk menggali informasi tentang seksualitas. Dalam media selama ini, wanita telah menjadi objek seks yang banyak dipertontonkan dalam media massa. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak media yang mulai berkembang dan muncul segmentasi yang tentunya mempengaruhi konten dari sebuah media. Ketika banyak bermunculan majalah khusus pembaca wanita, pria pun mulai menjadi objek yang dinikmati oleh kaum wanita. Media sendiri merupakan hal yang tidak bisa lepas dari budaya. Budaya membentuk persepsi yang kemudian disalurkan melalui media massa dan membentuk budaya dalam masyarakat. Artinya tulisan yang berada dalam media akan dipengaruhi budaya penulis yang kemudian membentuk sebuah persepsi yang sama antara media dan juga khalayaknya. Dengan latar belakang tersebut penelitian ini dilakukan dengan tujuan ingin mengetahui bagaimana salah satu media untuk wanita, yaitu Cita Cinta mengkonstruksi citra kaum pria di dalamnya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik analisis framing yang dikemukakan oleh Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Objek yang akan diteliti adalah empat artikel dalam rubrik Sex & Relationship di Majalah Cita Cinta yang dipilih secara random. Artikel yang dipilih tentunya berkaitan dengan seksualitas di mana pria menjadi objek di dalamnya. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Cita Cinta lebih cenderung mengkonstruksi citra kaum pria dengan citra maskulin tradisional yang identik dengan dominasi, aktif, agresif dan kekuatan fisik. Selain itu, melalui perspektif psikologi, pria dipandang sebagai sosok yang perkasa, menguasai perempuan, dan tidak bisa mengendalikan dorongan seksualnya. Di sisi lain, pria juga digambarkan memiliki sifat sebagai pelindung bagi pasangannya dan juga memiliki rasa perhatian dan kelembutan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ12-449 Sexual life
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99.7 Framing Analysis
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699-5650 Journalism. The periodical press, etc. > PN4832-4836 Magazines and other periodicals
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 17 Jul 2017 04:37
Last Modified: 27 Sep 2017 08:17
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/1018

Actions (login required)

View Item View Item