UMN Knowledge Center

Pola komunikasi antara guru dengan murid berprestasi yang berbeda budaya di sekolah anak indonesia - sawangan (studi fenomenologi antara guru dan murid Papua)

Vannesa, Elisabeth (2014) Pola komunikasi antara guru dengan murid berprestasi yang berbeda budaya di sekolah anak indonesia - sawangan (studi fenomenologi antara guru dan murid Papua). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (791kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (752kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (939kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (748kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (734kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (773kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (964kB) | Preview

Abstract

Hubungan komunikasi antara guru dan murid merupakan hubungan yang penting dalam sebuah proses belajar mengajar di bidang pendidikan. Untuk itu sebagai guru dan murid perlu membangun dan menciptakan hubungan yang baik satu sama lain agar dapat menciptakan murid-murid yang berprestasi. Guna menciptakan hubungan yang baik ini, diperlukan suatu pola komunikasi interpersonal antara guru dan murid sehingga tercipta komunikasi yang efektif terutama dalam hal perbedaan budaya diantara masing – masing pihak. Hal ini yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pola komunikasi interpersonal yang terjadi antara guru dan murid berprestasi yang berbeda budaya di Sekolah Anak Indonesia. Penelitian ini menggunakan konsep – konsep komunikasi antarpribadi yakni keterbukaan dan keakraban,selain itu juga melihat dari unsur – unsur komunikasi antarbudaya yaitu dari segi bahasa dan persepsi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Paradigma yang digunakan adalah konstruktivisme, serta metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah dua pasang guru dan murid berprestasi, serta kepala sekolah dan juga guru yang sudah bekerja cukup lama di sekolah tersebut. Pengumpulan data untuk penelitian ini menggunakan teknik observasi terus terang atau samar, wawancara terstruktur dan semi terstruktur. Data – data yang ada dapat diperiksa kebenarannya melalui triangulasi peneliti. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pola komunikasi yang terjadi antara guru dan murid berprestasi pada Sekolah Anak Indonesia yaitu pola komunikasi banyak arah atau disebut juga tiga arah. Sehingga komunikasi yang terjadi di kelas yaitu tidak hanya melibatkan interaksi yang dinamis antara guru dan murid tetapi juga melibatkan interaksi antar sesama murid. Selain itu hubungan yang semakin mendalam diantara masing – masing pihak akan menciptakan keterbukaan dan keakraban. Pada akhirnya hal ini akan mempengaruhi persepsi murid serta menciptakan motivasi yang tinggi dari murid – muridnya dalam mencapai prestasi mereka.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media > P94.7 Interpersonal communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 17 Jul 2017 05:06
Last Modified: 27 Sep 2017 08:42
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/1021

Actions (login required)

View Item View Item