UMN Knowledge Center

Analisis Semiotika Iklan TVC Ramayana 2018 Versi Ramadhan #KerenLahirBatin

Martha, Felicia (2019) Analisis Semiotika Iklan TVC Ramayana 2018 Versi Ramadhan #KerenLahirBatin. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (70MB) | Preview

Abstract

Pada bulan Ramadhan terjadi peningkatan perilaku konsumsi di masyarakat. Ramayana memanfaatkan momen ini untuk mempromosikan produk mereka dengan iklan bertajuk Ramadhan. Iklan Ramadhan Ramayana 2018 #KerenLahirBatin merupakan iklan yang berhasil menjadi daya tarik di Youtube mencapai 16.888.628 juta penonton bertemakan konsep cerita yang unik dan membawa unsur komedi. Hal ini berbanding terbalik dengan Iklan Ramadhan pada umumnya yang mengangkat cerita yang mengharukan. Hal ini menjadi latar belakang penelitian untuk mengungkap tanda visual ikonik serta makna pesan yang terkandung dalam iklan ramadhan Ramayana 2018. Pembahasan penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Metodologi penelitian meliputi studi pustaka, observasi langsung video iklan serta wawancara dengan narasumber. Selain itu penulis menggunakan teori semiotika Ronald Barthes dan Pierce dalam mengungkap makna tanda visual ikonik serta makna pesan iklan Ramadhan Ramayana 2018. Hasil temuan tanda visual ikonik yang sering muncul yaitu tanda visual peci dan kerudung sebagai model pakaian umat Islam, mitos keharusan membawa hadiah lebaran, tradisi kumpul bersama keluarga saat lebaran serta tanda visual model pakaian kelompok musik Qasidah. Penulis menarik kesimpulan bahwa Ramayana merupakan solusi untuk berbelanja bagi keluarga, wujud nyata membahagiakan orangtua serta produk Ramayana sebagai media untuk bersilahturahmi dengan keluarga maupun sesama umat Islam.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Bulan Ramadhan, Iklan, Kualitatif
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Desain Komunikasi Visual
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2019 08:43
Last Modified: 04 Dec 2019 08:43
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/10242

Actions (login required)

View Item View Item