UMN Knowledge Center

Pengaruh Khotbah Online melalui YouTube terhadap sikap Beragama Kaum Millennial: Survei pada Jemaat GBI Gilgal

Sioe, Angeline (2019) Pengaruh Khotbah Online melalui YouTube terhadap sikap Beragama Kaum Millennial: Survei pada Jemaat GBI Gilgal. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (72MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (958kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (938kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari fenomena berkembangnya teknologi di era globalisasi yang dilihat sebagai peluang untuk mengatasi krisis agama terutama pada generasi millennial. Oleh sebab itu, banyak institusi agama yang kini mulai menggunakan media online untuk menyampaikan pesan agama. Pesan agama kristen yang disampaikan melalui media online dikenal dengan sebutan khotbah online. Salah satu institusi agama yang mulai memanfaatkan khotbah online adalah GBI Gilgal. Penelitian ini penting untuk dilakukan karena sesungguhnya agama atau keyakinan seseorang merupakan fondasi yang akan mempengaruhi perilaku dan sikap seorang individu dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, maka harus dipastikan bahwa khotbah Online tidak hanya menjangkau target audience yakni menyasar kuantitas, tetapi juga mampu mengubah sikap beragamanya yakni untuk menyasar kualitas. Karena itu penelitian ini betujuan untuk mengukur ada atau tidaknya pengaruh khotbah online terhadap sikap beragama kaum millennial dan seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan metode survei untuk memperoleh data yang akan diteliti. Survei dilakukan melalui penyusunan kuesioner yang kemudian disebarkan kepada sampel penelitian yakni jemaat millennial GBI Gilgal. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, terdapat pengaruh khotbah online melalui YouTube terhadap sikap beragama kaum millennial. Hasil uji data menggunakan SPSS versi 25 menyatakan bahwa pengaruh khotbah online terhadap sikap beragama sebesar 41.3%. Sedangkan 58.7% lainnya dari Sikap beragama dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti Pengalaman peribadi, Budaya, Seseorang yang dianggap penting, Institusi Penting, dan Faktor Internal Emosi Individu.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Khotbah Online, Sikap Beragama, Kaum Millennial
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Public Relations
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2019 08:20
Last Modified: 14 Jan 2020 09:38
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/10291

Actions (login required)

View Item View Item