UMN Knowledge Center

Pemaknaan Audiens Terhadap Pemberitaan Komik Gay Muslim di Indonesia: Studi Resepsi Pemberitaan Akun @Alpantuni di Aljazeera.com dan Nytimes.com pada Generasi Milenial

Octavianti, Melissa (2019) Pemaknaan Audiens Terhadap Pemberitaan Komik Gay Muslim di Indonesia: Studi Resepsi Pemberitaan Akun @Alpantuni di Aljazeera.com dan Nytimes.com pada Generasi Milenial. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (961kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Di abad 21 ini, media dipermudah dengan adanya jurnalisme online yang memungkinkan masyarakat mengakses media internasional. Riset Pew Research Centre menunjukkan orang yang berusia 18 hingga 29 tahun atau yang dikategorikan sebagai generasi milenial paling banyak menggunakan media sosial (42%) dan internet (38%) untuk mendapatkan berita sehari-hari di Indonesia. Oleh karena itu, mereka dapat disebut audiens digital. Generasi milenial bersikap realistis dan sangat menghargai perbedaan. Oleh karena itu, hipotesis awal penelitian ini adalah generasi milenial setuju dengan pesan yang disampaikan oleh media internasional. Penelitian kualitatif deskriptif ini meneliti kasus akun @Alpantuni di Indonesia yang diberitakan oleh Aljazeera.com dan Nytimes.com menggunakan metode analisis resepsi. Data diperoleh melalui analisis framing dan wawancara mendalam dengan tujuh orang informan generasi milenial yang berasal dari berbagai latar belakang pendidikan, sosial dan agama. Kedua data tersebut dianalisis menurut model encoding/decoding Stuart Hall untuk mengetahui posisi informan dalam memaknai berita yang terbagi menjadi dominant reading, negotiated reading, dan oppositional reading. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam memaknai berita Aljazeera.com, tiga orang informan di posisi dominant reading, tiga orang informan di posisi negotiated reading dan satu orang informan di posisi oppositional reading. Sementara itu, dalam memaknai berita Nytimes.com, tiga orang informan di posisi dominant reading, tiga orang informan di posisi negotiated reading dan satu orang informan di posisi oppositional reading. Hasil ini tidak sesuai dengan hipotesis awal penelitian bahwa generasi milenial menerima pesan yang disampaikan media internasional.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: media internasional, jurnalisme online, audiens, generasi milenial, analisis resepsi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2019 08:13
Last Modified: 14 Jan 2020 06:11
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/10306

Actions (login required)

View Item View Item