UMN Knowledge Center

Perancangan Buku Pengenalan Disleksia dan Cara Penanganannya untuk Orangtua

Andika, Eunice (2018) Perancangan Buku Pengenalan Disleksia dan Cara Penanganannya untuk Orangtua. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (924kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (971kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Disleksia merupakan sebuah gangguan yang mengakibatkan seorang anak sulit membaca dan mengalami masalah dari segi psikologis. Penanganan disleksia tidak cukup hanya dari sekolah saja namun juga orangtua di rumah. Namun seringkali orangtua yang memiliki anak disleksia tidak tahu mengenai disleksia itu sendiri serta cara penanganannya. Padahal, bila anak penyandang disleksia tidak diberikan penanganan secara khusus maka dapat mengganggu tumbuh kembangnya. Hal ini membuat penulis merasa perlu adanya suatu media buku yang dapat mensosialisasikan dan mengedukasi orangtua dalam mendidik anak disleksia. Penulis menggunakan metode penelitian campuran yang berupa kuisoner, wawancara dan studi eksisting untuk memperoleh informasi dan data yang nantinya dijadikan pedoman perancangan media buku. Sementara dalam perancangan buku, penulis menggunakan teori Landa mengenai lima tahap perancangan. Dengan mengambil ide keseharian belajar anak, maka konsep yang diangkat adalah buku informasi ringan berbentuk jurnal. Dari perancangan yang dibuat ingin menyampaikan pesan bahwa orangtua butuh mengetahui lebih dalam mengenai disleksia dan cara penanganannya. Media utama yang dihasilkan berupa buku, sementara media pendukung berupa buku notes, bantal, pin, totebag dan kaos. Dengan adanya media buku ini, orangtua diharapkan dapat mendidik anak mereka secara optimal dan diharapkan anak penyandang disleksia kedepannya dapat lebih sukses di lingkungannya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: disleksia, media buku, tumbuh kembang anak
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Desain Komunikasi Visual
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2019 08:05
Last Modified: 11 Mar 2020 07:56
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/10324

Actions (login required)

View Item View Item