UMN Knowledge Center

Rancang Bangun LINE Chatbot Menggunakan Algoritma Bigram (Studi Kasus: Student Service Universitas Multimedia Nusantara)

Azarya, Misael (2019) Rancang Bangun LINE Chatbot Menggunakan Algoritma Bigram (Studi Kasus: Student Service Universitas Multimedia Nusantara). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (769kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (722kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (925kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang pesat belakangan ini telah memasuki hampir semua bidang kehidupan. Universitas Multimedia Nusantara (UMN) merupakan salah satu universitas yang sudah memanfaatkan teknologi informasi dalam bidang akademisnya, namun masih belum memanfaatkannya dalam bidang kemahasiswaan seperti pada biro Student Service. Dalam prakteknya, sistem Student Service yang ada saat ini kurang efisien karena menambah traffic mahasiswa yang datang, terlalu banyak interaksi secara langsung, serta membutuhkan waktu tambahan untuk membalas pertanyaan-pertanyaan mahasiswa. Berdasarkan masalah tersebut, dilakukan perancangan dan pembangunan LINE chatbot menggunakan algoritma Bigram, dengan tujuan membantu Student Service menjawab pertanyaan-pertanyaan mahasiswa secara otomatis di mana pun dan kapanpun. Berdasarkan hasil pengujian kepuasan pengguna kepada 37 responden menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM), diperoleh perceived ease of use sebesar 85,35 %, perceived usefulness sebesar 85,29%, attitude toward use sebesar 82,43%, behavioral intention sebesar 84,12%, dan actual usage sebesar 81,41%. Dari hasil pengujian tersebut, dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan pengguna merasa sangat puas dan menerima LINE chatbot sebagai sistem yang berguna.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Bigram, Chatbot, Technology Acceptance Model
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Informatika
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2019 08:02
Last Modified: 09 Jan 2020 09:54
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/10334

Actions (login required)

View Item View Item