UMN Knowledge Center

Pengaruh Tingkat Terpaan Media Sosial Instagram terhadap Tingkat Self-Esteem melalui Tingkat Persepsi Mengenai Body Image

Martanatasha, Michelia (2019) Pengaruh Tingkat Terpaan Media Sosial Instagram terhadap Tingkat Self-Esteem melalui Tingkat Persepsi Mengenai Body Image. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Oleh: Michelia Martanatasha Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena `detoks media sosial' yang sedang dilakukan oleh masyarakat untuk menghindari dampak negatif dari media sosial. Tingginya pengguna aktif media sosial Instagram di Indonesia, menyebabkan masyarakat rentan terkena gangguan kesehatan mental yang ditimbulkan dari penggunaan media sosial Instagram secara berlebih. Gangguan yang ditimbulkan adalah gangguan pada citra tubuh dan pada kepercayaan diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara tingkat terpaan media sosial Instagram terhadap tingkat self-esteem melalui tingkat persepsi mengenai body image. Penelitian ini menggunakan teori perbandingan sosial dengan konsep terpaan media, body image, dan self-esteem. Metodologi penelitian ini adalah kuantitatif dengan sifat penelitian eksplanatif. Responden penelitian ini adalah 400 responden dengan menggunakan teknik non probability purposive sampling dengan penyebaran kuesioner secara online. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis jalur untuk mengetahui pengaruh tidak langsung antara tiga variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh tidak langsung antara ketiga variabel yang digunakan. Selain itu, terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat terpaan media sosial Instagram terhadap tingkat persepsi mengenai body image sebesar 7,6% dan tingkat persepsi mengenai body image terhadap tingkat self-esteem sebesar 68,3%. Akan tetapi, antara terpaan media sosial Instagram dengan tingkat self-esteem tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Hasil ini membuktikan bahwa penggunaan media sosial Instagram dapat memengaruhi citra tubuh yang dimiliki oleh seseorang yang juga memengaruhi self-esteem.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Body Image, Instagram, Media Sosial, Self-Esteem, Teori Perbandingan Sosial
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Public Relations
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2019 07:58
Last Modified: 21 Jan 2020 04:31
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/10342

Actions (login required)

View Item View Item