UMN Knowledge Center

Selektivitas Isu dalam Jurnalisme Perjalanan (Studi pada Kanal Travel Kompas.com dan Tempo.co)

Pramata, Delvin (2019) Selektivitas Isu dalam Jurnalisme Perjalanan (Studi pada Kanal Travel Kompas.com dan Tempo.co). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (930kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (903kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (897kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (965kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (16MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Artikel perjalanan memberikan banyak informasi terkait objek wisata bagi para pembaca. Namun salah satu fenomena di tengah pelaksanaan jurnalisme perjalanan adalah muatan informasi yang ditengarai tidak berimbang. Beberapa ulasan masyarakat menyebutkan bahwa artikel perjalanan hanya memuat informasi positif dan cenderung menutupi hal negatif pada suatu objek wisata. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan selektivitas isu yang dilakukan pada praktik jurnalisme perjalanan serta mempelajari prosesnya melalui metode ganda. Peneliti menganalisis 801 artikel perjalanan Kompas.com dan Tempo.co pada periode 24 Oktober 2018 - 24 Desember 2018. Peneliti juga melakukan wawancara dengan sejumlah jurnalis dan editor perjalanan. Untuk melakukan interpretasi data, peneliti mengadaptasi teknik analytical generalization, di mana peneliti memilih sejumlah kasus yang dianggap relevan dalam penelitian ini lalu dianalisis untuk digeneralisir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kanal perjalanan Kompas.com dan Tempo.co melakukan seleksi isu karena faktor kesadaran jurnalis untuk mempromosikan wisata, berdasarkan momentum tertentu, dan terdapat kecenderungan untuk menonjolkan sudut pandang informasi positif pada artikel perjalanan. Faktor-faktor tersebut memiliki relevansi dengan beberapa nilai berita kontemporer. Jurnalisme perjalanan mengedepankan eksklusivitas topik beserta pengaruh yang ingin ditimbulkan kepada pembaca. Disimpulkan bahwa kanal perjalanan cenderung menyeleksi isu-isu negatif terkait pariwisata. Kanal ini juga terbukti menonjolkan sudut pandang positif pada artikel perjalanan untuk memajukan pariwisata dan memelihara kondisi psikologis pembaca.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: jurnalisme perjalanan, seleksi isu, sudut pandang positif, momentum
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2019 07:45
Last Modified: 14 Jan 2020 09:57
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/10371

Actions (login required)

View Item View Item