UMN Knowledge Center

Pengaruh Motif Penggunaan Media dan Tingkat Kepercayaan pada Berita terhadap Kecenderungan Perilaku Membagikan Berita: Penelitian pada Mahasiswa Pengguna LINE TODAY di Jakarta, Surabaya, Medan

Delasari, Natasya (2019) Pengaruh Motif Penggunaan Media dan Tingkat Kepercayaan pada Berita terhadap Kecenderungan Perilaku Membagikan Berita: Penelitian pada Mahasiswa Pengguna LINE TODAY di Jakarta, Surabaya, Medan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (998kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (911kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Masifnya penggunaan internet berdampak langsung pada pergeseran orientasi dan gaya hidup pengguna menjadi pembaca media daring. Kemampuan internet menggabungkan media sosial, media daring, dan algoritma melahirkan aggregator berita, seperti LINE TODAY. Di sisi lain, kecepatan sistem kerja aggregator berita tidak selalu diimbangi dengan kualitas jurnalistik yang mumpuni. Di tengah kualitas pemberitaan yang relatif memburuk, perilaku masyarakat dalam membagikan berita ke berbagai platform media sosial dan aplikasi kirim pesan tak dapat terhindarkan. Tak luput, tingginya penyebaran berita yang kurang akurat kian menimbulkan pertanyaan terkait tingkat kepercayaan masyarakat pada berita. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh motif yang dimiliki seseorang dalam mengkonsumsi berita beserta tingkat kepercayaannya pada berita terhadap kecenderungan perilaku membagikan berita dari LINE TODAY. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan sifat penelitian eksplanatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode survei dengan menyebarkan kuesioner secara daring kepada 407 mahasiswa pengguna LINE TODAY di Jakarta, Surabaya, dan Medan. Dari empat skala likert yang digunakan sebagai alternatif jawaban, peneliti mengkalkulasi data tersebut dengan aplikasi SPSS untuk mendapatkan hasil pengujian regresi linear berganda. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa motif penggunaan media dan tingkat kepercayaan pada berita mempengaruhi kecenderungan perilaku membagikan berita secara signifikan dan positif sebesar 37,6%. Secara spesifik kecenderungan perilaku membagikan berita dipengaruhi 37,3% oleh motif penggunaan media dan 27,9% oleh tingkat kepercayaan pada berita.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: motif penggunaan media, tingkat kepercayaan pada berita, kecenderungan perilaku membagikan berita, LINE TODAY
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2019 06:23
Last Modified: 09 Jan 2020 08:26
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/10554

Actions (login required)

View Item View Item