UMN Knowledge Center

Perubahan kebijakan Redaksional Menjelang Pilpres 2019 (Analisis Isi Kuantitaif pada Surat Kabar Sindo sebelum dan Sesudah Hary Tanoesoedibjo Mendukung Jokowi di Pilpres Periode Januari - Mei 2018)

Hartini, Vivi (2019) Perubahan kebijakan Redaksional Menjelang Pilpres 2019 (Analisis Isi Kuantitaif pada Surat Kabar Sindo sebelum dan Sesudah Hary Tanoesoedibjo Mendukung Jokowi di Pilpres Periode Januari - Mei 2018). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
BAB_V(1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (984kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA(1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL(1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II(1).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN(1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (27MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III(1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV(1).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_I(1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Media saat ini berperan penting dalam mempengaruhi masyarakat. Agenda media menjelaskan ada isu yang dianggap penting, sehingga layak diketahui publik. Media yang dijadikan sebagai sarana penyampaian informasi seperti surat kabar, televisi, online, media sosial, hingga radio. Sementara itu, salah satu media yang sudah lama hadir di tengah masyarakat, yakni surat kabar masih tetap bertahan hingga sekarang. Media cetak dalam penelitian ini adalah Sindo. Menurut Rahardjo (2013, p. 185), aksioma second law of journalism dari isi media selalu merefleksikan kepentingan dari pihak - pihak yang memberikan dukungan finansial terhadap keberadaan media. Oleh karena itu, pemilik memanfaatkan waktu dan ruang dari media yang dimilikinya untuk melakukan aktivitas dalam upaya untuk mengekspresikan kepentingan (politik) mereka menjelang pemilihan umum 2014. Sementara itu, gagasan teoritik menegaskan bahwa media dipahami sebagai alat atau instrumen dari kelas dominan, dan sarana dimana para kapitalis mempromosikan kepentingan - kepentingan mereka. Sehingga, media menyebarkan ideologi dari kelas yang berkuasa dalam masyarakat, dan karenanya menindas kelompok - kelompok marjinal. Penelitian kali ini akan membahas tentang agenda media dalam kebijakan redaksi surat kabar Sindo terkait pemberitaan pemerintahan Jokowi menjelang Pilpres 2019. Metode yang digunakan adalah analisis isi kuantitatif yang bersifat deskriptif.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Politik, Analisis Isi, Pilpres, Kebijakan Redaksi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2019 05:48
Last Modified: 10 Jan 2020 06:26
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/10631

Actions (login required)

View Item View Item