Analisis Pengaruh Internal Marketing terhadap Job Satisfaction, dan Normative Commitment serta implikasinya terhadap Employees Identification; Telaah pada Head Office PT XYZ

Angelia Sudiana, Della (2019) Analisis Pengaruh Internal Marketing terhadap Job Satisfaction, dan Normative Commitment serta implikasinya terhadap Employees Identification; Telaah pada Head Office PT XYZ. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (978kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (857kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (775kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Ekonomi Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup baik saat ini, sehingga menciptakan fenomena pertambahan jumlah kelas menengah di Indonesia hal ini menyebabkan bergesernya pola konsumsi masyarakat akan kendaraan bermotor, di mana pembeliannya dilakukan secara mencicil, sehingga berdampak pada tingginya persaingan di industri multi-finance di Indonesia. PT XYZ merupakan salah satu perusahaan multi-finance, yang saat ini sedang berkembang dengan pengalaman yang luas di bidang pembiayaan. Untuk tetap memiliki daya saing yang tinggi, PT XYZ membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkompetensi tinggi untuk mendukung segala kegiatan bisnis di perusahaan. Employees identification memiliki peran penting bagi organisasi dalam pencapaian tujuan organisasi, karena karyawan yang memiliki rasa keterikatan yang kuat pada organisasi, serta merta akan memaksimalkan kinerjanya untuk mencapai tujuan organisasi. Keterikatan terhadap organisasi ini maksudnya adalah karyawan akan ikut merasakan keberhasilan maupun kegagalan pada organisasi. Kepuasan karyawan terhadap pekerjaannya serta keinginan karyawan untuk bertahan dalam jangka waktu yang lama di organisasi memiliki peran penting dalam pembentukan employees identification karyawan, di mana ketika karyawan telah puas terhadap pekerjaanya, berdampak pada meningkatkan commitment karyawan pada organisasi sehingga mereka akan bangga untuk dikaitkan dengan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh internal marketing terhadap job satisfaction dan normative commiment, pengaruh job satisfaction terhadap employees identification, dan pengaruh normative commitment terhadap employees identification karyawan Head Office PT XYZ. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan menggunakan penyebaran kuesioner online dan offline di Head Office PT XYZ. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan kausal dengan metode non-probability sampling dan teknik judgemental sampling dan snowball sampling. Data diolah menggunakan struktural equation modeling (SEM), dengan software Lisrel versi 8.72 (n:155). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari internal marketing terhadap job satisfaction dengan t-value sebesar 8.14, pengaruh positif dan signifikan dari intenal marketing terhadap normative commitment dengan t-value sebesar 5.23, dan pengaruh positif dan signifikan dari job satisfaction terhadap normative commitment dengan t-value sebesar 5.05. Data tidak mendukung pada pengaruh job satisfaction terhadap employees identification dengan t-value sebesar 0.19, dan data tidak mendukung pada pengaruh normative commitment terhadap employees identification dengan t-value sebesar - (0.02).

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Internal marketing, Job Satisfaction, Normative Commitment, Employees Identification, Industri Multi-Finance. v viii
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.3 Personnel, Staff, Employee, Human Resource Management, Training > 658.306 Job Analysis
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 05:28
Last Modified: 02 Jun 2023 03:26
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10676

Actions (login required)

View Item View Item