UMN Knowledge Center

Strategi Media Relations Subbagian Hubungan Pers dan Media dalam Meningkatkan Citra Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika: Studi Kasus pada Pemberitaan Tsunami Selat Sunda 22 Desember 2018

Cindy Giovani, Dessylia (2019) Strategi Media Relations Subbagian Hubungan Pers dan Media dalam Meningkatkan Citra Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika: Studi Kasus pada Pemberitaan Tsunami Selat Sunda 22 Desember 2018. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (950kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (863kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (875kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merupakan Lembaga Pemerintah Non Departemen Indonesia yang bertanggung jawab untuk memberikan informasi tentang meteorologi, klimatologi, dan geofisika. BMKG beberapa kali dianggap tidak memberikan informasi secara jelas, misalnya tentang tsunami Selat Sunda 22 Desember 2018. Subbagian Hubungan Pers dan Media BMKG melakukan strategi untuk meningkatkan citra BMKG, salah satunya strategi media relations. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi media relations Subbagian Hubungan Pers dan Media dalam meningkatkan citra BMKG. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus. Peneliti melakukan wawancara dengan Kepala Bagian Hubungan Masyarakat BMKG dan Kepala Subbagian Hubungan Pers dan Media BMKG sebagai sumber informasi utama, serta dengan dua informan tambahan untuk melengkapi informasi. Hasil dari penelitian ini adalah strategi media relations Subbagian Hubungan Pers dan Media dalam meningkatkan citra BMKG adalah terus- menerus mengembangkan materi Public Relations untuk media massa, menggunakan berbagai media untuk menyampaikan pesan, membangun dan memelihara kontak dengan media massa, memosisikan organisasi sebagai sumber informasi andal untuk media massa, memosisikan pimpinan organisasi sebagai juru bicara, dan selalu berkoordinasi dengan bagian lain dalam organisasi. Strategi media relations tersebut dilakukan dengan melakukan media monitoring, mengupayakan publisitas, mengadakan press conference, memfasilitasi wawancara, mengadakan media briefing, forum diskusi, dan media gathering, serta memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan informasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations, Media Relations, Image
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Public Relations
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2019 05:09
Last Modified: 14 Jan 2020 03:52
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/10719

Actions (login required)

View Item View Item