UMN Knowledge Center

PERANCANGAN SHOT UNTUK MEMVISUALKAN ADEGAN PENGEJARAN DALAM FILM ANIMASI LAGA ?RAMPAG!?

Daud Wahyudi, Dicky (2018) PERANCANGAN SHOT UNTUK MEMVISUALKAN ADEGAN PENGEJARAN DALAM FILM ANIMASI LAGA ?RAMPAG!? Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (720kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (820kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (829kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perancangan shot menjadi hal mendasar dalam pembuatan film karena fungsinya. Pertama-tama, perancangan shot berfungsi sebagai salah satu media untuk menyampaikan ekspresi dan pesan dari pembuat film kepada penonton. Dalam animasi, perancangan shot berperan penting dalam menghemat biaya produksi. Hal ini terjadi karena perancangan shot dalam animasi menjadi tolak ukur pertama dan utama pada tahap produksi. Secara lebih spesifik, salah satu fungsi perancangan shot adalah memvisualkan pengejaran dalam film animasi 3D laga. Perancangan shot dalam memvisualkan pengejaran menjadi penting karena dapat memberikan ketegangan lebih kepada penonton, mengimplikasikan arah tujuan karakter serta memberi implikasi khusus terhadap rintangan yang karakter temui dalam jalur pengejarannya. Ketiga hal tersebut dapat dicapai dengan merancang pengaturan, baik pada elemen sinematografis dalam pengambilan shot maupun komposisi di dalam shot itu sendiri. Pengaturan tersebut berdasarkan kepada teori dan referensi yang ada. Skripsi penciptaan, yang menggunakan metode penelitian kualitatif ini, diaplikasikan dalam bentuk storyboard. Tujuannya adalah untuk membantu pembuat film memahami perancangan shot yang tepat guna untuk memvisualkan pengejaran dalam film animasi 3D laga.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Shot, pengejaran, aksi, animasi
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Film dan Televisi
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2019 04:54
Last Modified: 10 Mar 2020 02:40
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/10755

Actions (login required)

View Item View Item