UMN Knowledge Center

Pengaruh kampanye "gerakan indonesia diet kantong plastik" melalui twitter terhadap sikap pengurangan penggunaan kantong plastic (survei di kalangan followers @iddkp)

Pangestu, Stefani (2014) Pengaruh kampanye "gerakan indonesia diet kantong plastik" melalui twitter terhadap sikap pengurangan penggunaan kantong plastic (survei di kalangan followers @iddkp). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (773kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (906kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (942kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dari penggunaan kantong plastik semakin menjadi perhatian masyarakat. Hal ini dikarenakan dari proses produksi hingga penguraian sangat berbahaya bagi manusia maupun lingkungan. Di Indonesia sendiri memiliki masalah serius dengan sampah kantong plastik. Setiap tahun di Indonesia, ratarata pemakaian kantong plastik per orang adalah 700 lembar. Masalah sampah kantong plastik ini pun harus diatasi, salah satunya dengan upaya menekan penggunaan kantong plastik, yang dapat dilakukan dengan mengedukasi dan membujuk masyarakat melalui kampanye "Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik". Kampanye "Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik" ini dilakukan melalui offline dan dilakukan melalui online dengan akun Twitter @idDKP. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh Kampanye "Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik" melalui akun @idDKP terhadap sikap pengurangan penggunaan kantong plastik? Dan seberapa besar pengaruh Kampanye "Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik" melalui akun @idDKP terhadap sikap pengurangan penggunaan kantong plastik? Jenis penelitian bersifat eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Jumlah populasi yang merupakan followers @idDKP sebanyak 6450 per tanggal 21 Maret 2014. Teknik sampling dengan menggunakan systematic sampling dan untuk mengetahui jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kelonggaran ketidaktelitian sebesar 10% diperoleh responden sebanyak 99 orang. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner serta studi kepustakaan. Hasil penelitian diperoleh hasil korelasi Pearson menunjukkan pengaruh kampanye “Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik” melalui Twitter terhadap sikap pengurangan penggunaan kantong plastik ke dalam kategori kuat. Dengan nilai koefisien determinasi sebesar 46.3%. maka dapat disimpulkan bahwa kampanye yang dilakukan memberikan pengaruh dan memiliki korelasi terhadap sikap pengurangan penggunaan kantong plastik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD59-59.9 Marketing and Publicity > HD59.8 Campaign
H Social Sciences > HM Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 18 Jul 2017 03:18
Last Modified: 27 Sep 2017 08:29
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/1092

Actions (login required)

View Item View Item