UMN Knowledge Center

Pemaknaan khalayak dalam tayangan youtube how to act indonesian episode 1 karya sacha stevenson 2013

Metta, Swantika (2014) Pemaknaan khalayak dalam tayangan youtube how to act indonesian episode 1 karya sacha stevenson 2013. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (931kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (818kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (944kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (837kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (804kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

How to Act Indonesian merupakan tayangan singkat yang menampilkan cara berperilaku seperti orang Indonesia. Tayangan ini beredar melalui situs Youtube. Tujuan dari pengunggahan tayangan tersebut adalah sebagai pemberi informasi kepada orang asing yang ingin datang ke Indonesia. Uniknya tayangan ini menggambarkan perilaku orang Indonesia dengan cara jenaka tetapi juga sarkastik. Hal ini mengundang peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut dengan menggunakan kajian pemaknaan khalayak oleh Stuart Hall dalam tayangan How to Act Indonesia episode pertama. Karena apa yang ingin disampaikan oleh pembuat pesan dan penerima pesan dapat sama, ternegosiasi atau berbeda sama sekali. Lalu motif apa yang melatari pembuatan How to Act Indonesian ini. Penelitian ini menggunakan paradigma kritis, pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan analsis pemaknaan khalayak Stuart Hall. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam terhadap empat informan yang terdiri dari beragam suku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tayangan How to Act Indonesian pada masing-masing perilaku yang dimuculkan kalayak memaknai secara dominant hegemonic, negotiated dan oppositional bergantung kerangka pengetahuan serta pengalaman yang dimiliki masing-masing informan. Enkoder memiliki motif kapitalisme dalam memproduksi tayangan How to Act Indonesian. Skripsi ini merujuk pada 20 buku teks, 4 skripsi, 1 artike surat kabar dan 11 sumber internet.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 18 Jul 2017 03:19
Last Modified: 27 Sep 2017 08:25
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/1094

Actions (login required)

View Item View Item