UMN Knowledge Center

Pengaruh terpaan iklan politik hanura versi "Background Wiranto dan Hary Tanoesoedibjo" terhadap tingkat partisipasi politik (Survei terhadap remaja akhir di RW. 09 Japos Graha Lestari,Ciledug)

Prayogi, Trias (2014) Pengaruh terpaan iklan politik hanura versi "Background Wiranto dan Hary Tanoesoedibjo" terhadap tingkat partisipasi politik (Survei terhadap remaja akhir di RW. 09 Japos Graha Lestari,Ciledug). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
Trias Prayogi - 09120110145.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemilu 2014 sudah mulai dekat. Banyaknya media kampanye yang ada, iklan menjadi salah satu yang dipercaya partai politik untuk menarik pilihan masyarakat. Iklan melalui media massa memiliki kemampuan menaruk perhatian konsumen terutama produk yang iklannya popular atau sangat dikenal masyarakat. Tentu saja pada akhirya akan meningkatkan penjualan. Dalam hal ini, adalah meningkatkan jumlah kepemilihan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besarkah pengaruh terpaan iklan politik hanura versi "Background Wiranto dan Hary Tanoesoedibjo" terhadap tingkat partisipasi politik remaja akhir di RW. 09 Japos Graha Lestari, Ciledug. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui seberapa besar pengaruh terpaan iklan politik hanura versi "Background Wiranto dan Hary Tanoesoedibjo" terhadap tingkat partisipasi politik remaja akhir di RW. 09 Japos Graha Lestari, Ciledug. Penelitian ini menggunakan teori stimulus organisme respon (S-O-R) dan teori dependensi efek komunikasi massa. Teori S-O-R merupakan koneksi antara suaru rangsangan tertentu (stimuli) dengan reaksi tertentu (respons) sehingga dengan kata lain respon merupakan reaksi baik dari individu ketika menerima stimuli dari media. Sedangkan teori dependensi efek komunikasi massa mengemukakan suatu pendekatan struktur sosial yang berasal sifat suatu masyarakat modern (atau masyarakat massa), di mana media massa dapat dianggap sebagai sistem informasi yang memiliki peran penting dalam proses pemeliharaan, perubahan, dan konflik pada masyarakat, kelompok, atau individu dalam aktivitas sosial. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatif dengan menggunakan metode kuantitatif. Teknik penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan metode survei, dengan cara menyebarkan kepada 40 responden yang berada di RW.09 Japos Graha Lestari, Ciledug. Hasil penelitian dari hasil nilai uji regresi diperoleh informasi bahwa pengaruh terpaan iklan politik hanura versi "Background Wiranto dan Hary Tanoesoedibjo" terhadap tingkat partisipasi politik remaja akhir di RW.09 Japos Graha Lestari, Ciledug, adalah sebesar 0,365 atau sebesar 36,5%. Ini artinya terpaan iklan politik hanura versi "Background Hary Tanoesoedibjo" telah mempengaruhi tingkat partisipasi politik remaja akhir sebesar 36,5%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF1040-1054 Commodities. Commercial products
J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338-2112 Public administration > JF2011-2112 Political parties
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 18 Jul 2017 03:55
Last Modified: 18 Jul 2017 03:55
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/1099

Actions (login required)

View Item View Item