UMN Knowledge Center

Rancang Bangun Sistem Informasi Pemetaan Daerah Pembeli dengan Menggunakan Algoritma K-Means

Ivan Pratama, Vincencius (2019) Rancang Bangun Sistem Informasi Pemetaan Daerah Pembeli dengan Menggunakan Algoritma K-Means. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (872kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (748kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (863kB) | Preview

Abstract

Suatu perusahaan yang memutuskan untuk beroperasi di salah satu pasar konsumsi, industri, jasa atau pemerintahan, mengakui bahwa pada dasarnya perusahaan tersebut tidak dapat melayani semua pelanggan dikarenakan jumlah pelanggan yang besar dan wilayah yang terlalu luas dengan beraneka ragam kebutuhan masing-masing pembeli. Pada toko SeciusCase, pihak toko kesulitan untuk mengetahui kategori produk mana saja yang paling laku di suatu daerah tertentu, sehingga pihak toko sering salah dalam melakukan promosi produknya di daerah yang produk tersebut kurang laku yang mengakibatkan uang yang keluar untuk promosi menjadi tidak efektif. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun sistem informasi pemetaan daerah pembeli berdasarkan daerah pembeli terbanyak serta produk apa yang paling banyak dibeli di tiap daerah tersebut menggunakan algoritma K-Means clustering. Aplikasi ini berbentuk sebuah website yang dibuat dengan menggunakan php dan algoritma K-Means. Aplikasi ini telah dievaluasi dengan menggunakan Skala Likert dan mendapatkan hasil sebesar 84,6% menyatakan sangat setuju untuk system usefulness, 80,9% menyatakan sangat setuju untuk information quality, dan 85,6% menyatakan sangat setuju untuk interface quality, dengan skor tingkat kepuasan akhir sebesar 83,7%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Algoritma K-Means, Aplikasi, Kategori, Pemetaan, Produk, Skala Likert, Website
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Informatika
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2019 03:13
Last Modified: 10 Jan 2020 07:54
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/11008

Actions (login required)

View Item View Item