UMN Knowledge Center

Rancang Bangun Aplikasi Chatbot Customer Service Menggunakan Algoritma Nazief dan Adriani (Studi Kasus : PT. Fiture Teknologi Inovasi)

Nugraha, Anthony (2019) Rancang Bangun Aplikasi Chatbot Customer Service Menggunakan Algoritma Nazief dan Adriani (Studi Kasus : PT. Fiture Teknologi Inovasi). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (841kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (814kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (968kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (767kB) | Preview

Abstract

Salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi informasi, yaitu PT Fiture Teknologi Inovasi, memiliki permasalahan terkait dengan informasi. Tidak adanya sistem yang dapat menjawab pertanyaan pengguna secara otomatis pada website perusahaan, serta banyaknya pertanyaan yang bersifat repetitif menimbulkan masalah pertukaran informasi antara perusahaan dan customer. Salah satu solusi yang dapat dilakukan dalam mengatasi masalah tersebut adalah dengan pembangunan dan penerapan aplikasi chatbot sebagai customer service. Chatbot merupakan aplikasi berbasis artificial intelligence (AI) yang mampu berinteraksi dengan customer secara otomatis, serta dapat menanggapi pertanyaan customer dengan akurat dan efisien. Aplikasi chatbot customer service dengan nama Fiturebot akan dibangun dengan menggunakan metode Artificial Intelligence Markup Language (AIML) sebagai knowledge base dari chatbot. Proses text preprocessing akan diimplementasikan pada chatbot, serta algoritma Nazief dan Adriani akan digunakan sebagai metode stemming menjadi kata dasar. Aplikasi berhasil dirancang dan dibangun, serta telah diuji dengan menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM) dengan menghasilkan angka sebesar 83,44% responden yang menyatakan setuju bahwa aplikasi tidak membutuhkan banyak usaha untuk menggunakannya (perceived ease of use) dan 84,78% responden yang setuju bahwa aplikasi ini dapat meningkatkan kinerja pengguna dalam menemukan infomasi (perceived usefulness).

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Customer Service, Chatbot, Text Preprocessing, Artificial Intelligence Markup Language (AIML), Algoritma Nazief dan Adriani
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Informatika
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2019 03:07
Last Modified: 13 Jan 2020 03:19
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/11025

Actions (login required)

View Item View Item