UMN Knowledge Center

Implementasi Markerless Augmented Reality pada Aplikasi Pengenalan Huruf dan Angka Berbasis iOS

Sutianto, Hendricksen (2019) Implementasi Markerless Augmented Reality pada Aplikasi Pengenalan Huruf dan Angka Berbasis iOS. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (801kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Membaca adalah kemampuan yang dimiliki manusia. Kurangnya mengenal sebuah huruf atau angka akan mengganggu kemampuan membaca manusia. Kurang mengenal huruf dan angka adalah salah satu penyebab kurang bagusnya nilai anak di taman kanak-kanak. Anak yang kurang dapat membedakan ciri khusus pada suatu huruf dengan huruf lain mengakibatkan kesalahan dalam mengenal huruf maupun angka. Penelitian ini mengambil permasalahan bagaimana cara mengimplementasi markerless augmented reality pada aplikasi pengenalan huruf dan angka berbasis iOS. Markerless augmented reality adalah teknologi untuk memunculkan object di lingkungan dunia nyata dan dapat berinteraksi dengan object virtual melalui perangkat pengguna. Aplikasi akan mengecek object pada lingkungan dunia sekitar. Aplikasi dapat mengetahui terdapat object di sekitar pengguna dan akan memunculkan aset 3D. Pengujian dilakukan dengan menyebar kuesioner dan kuesioner digunakan adalah technology acceptance model (TAM). Hasil aplikasi diuji coba ke anak usia dini dari umur 4 sampai 6 tahun dan kuesioner diisi oleh orang tua atau wali anak. Dari hasil uji coba dapat disimpulkan bahwa responden memiliki keinginan untuk menggunakan aplikasi sebesar 84,33%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, iOS, Markerless Augmented Reality, Pengenalan Huruf dan Angka, TAM
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Informatika
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2019 03:06
Last Modified: 13 Jan 2020 08:31
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/11027

Actions (login required)

View Item View Item