Perancangan Kampanye Sosial Stop Victim Blaming pada Perempuan Korban Pemerkosaan

Cindy Saputra, Laurencia (2018) Perancangan Kampanye Sosial Stop Victim Blaming pada Perempuan Korban Pemerkosaan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)

Abstract

Victim blaming adalah perilaku yang menyalahkan korban ketidakadilan dan dapat terjadi pada berbagai kasus dan salah satunya adalah kasus pemerkosaan perempuan. Padahal, victim blaming memiliki dampak negatif bagi korban. Dampak negatif dari perilaku ini selain menimbulkan stress dan depresi serta depresi berkelanjutan bahkan sakit secara fisik karena depresi, juga dapat mengakibatkan tindakan bunuh diri jika tidak ditangani. Namun, masih banyak orang yang melakukan victim blaming karena mereka tidak tahu dampak negatif dari perilaku tersebut. Hal ini dibuktikan dari penelitian yang dilakukan melalui wawancara kepada beberapa orang yang ahli dibidang perempuan dan kasus pemerkosaan dan penyebaran kuisoner kepada laki-laki dan perempuan usia 27- 41. Ketidaktahuan masyarakat ini menimbulkan masalah dilingkungan. Berdasarkan masalah tersebut, diperlukan solusi yaitu dengan cara mengedukasi masyarakat tentang dampak negatif victim blaming yang dapat dilakukan dengan kampanye sosial.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: victim blaming, perempuan, dampak negatif, kampanye sosial
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.14 Social Participation
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2019 02:45
Last Modified: 01 Sep 2023 01:22
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11084

Actions (login required)

View Item View Item