UMN Knowledge Center

Digital Immigrants dan Pengalaman Migrasi Platform untuk Konsumsi Berita: Suatu Studi Etnografi Audiens

Ifrani, Ifrani (2019) Digital Immigrants dan Pengalaman Migrasi Platform untuk Konsumsi Berita: Suatu Studi Etnografi Audiens. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (919kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (995kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi, khususnya teknologi informasi dan komunikasi (TIK) membuat perubahan dalam kehidupan manusia. Salah satu perubahan yang tampak dari perkembangan TIK ini adalah berubahanya cara masyarakat menerima dan mencari informasi. dari yang dulunya menggunakan media konvensional atau koran cetak menjadi media digital atau online. Kecepatan media digital dalam memberikan informasi menjadi daya tarik utama masyarakat yang membutuhkan informasi lebih cepat. Akan tetapi, tidak semua individu atau generasi dapat menguasai pengunaan media digital atau media online ini. Generasi ini dapat dibagi menjadi dua, yaitu generasi digital immigrants dan generasi digital natives. Dalam penelitian ini, pengalaman masyarakat generasi digital immigrants menjadi fokus utama, mulai dari pengalaman mereka ketika pertama kali menggunakan media konvensional (koran cetak), kemudian apa yang membuat generasi ini mulai meninggalkan media konvensional dan beralih ke media digital atau online. Selaini itu, penelitian ini juga bertujuan untuk melihat apa yang dilakukan oleh generasi digital immigrants dalam beradaptasi dengan media baru Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif, dengan fenomenologi sebagai metode penelitian. Key informan dalam penelitian ini adalah masyarakat dari generasi digital immigrants yang berusia sekitar 35-54 tahun. Hasil dari penelitian ini adalah menurut generasi digital immigrants, ada tiga faktor yang membuat mereka mulai beralih menggunakan media digital, yaitu ekonomi, berkurangnya penjual koran, dan juga kecepatan dari media digital dalam memberikan informasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Teknologi Informasi dan Komunikasi, Media Konvensional, Media Digital atau Media Online, dan Generasi Digital Immigrants
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2019 01:48
Last Modified: 10 Jan 2020 07:16
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/11217

Actions (login required)

View Item View Item