Strategi Audience Engagement melalui Media Sosial Instagram pada Media Televisi (Studi Kasus pada Instagram Kompas TV)

Djohar, Dio (2018) Strategi Audience Engagement melalui Media Sosial Instagram pada Media Televisi (Studi Kasus pada Instagram Kompas TV). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (952kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (899kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (894kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (22MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (23MB)
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (879kB) | Preview

Abstract

Salah satu media konvensional yang masih sangat eksis hingga saat ini adalah televisi. Saat ini era digital pun sudah masuk dalam lingkup media konvensional seperti hadirnya internet. Penggunaan smartphone dan internet pun mengubah pola masyarakat dalam mengonsumsi informasi seperti melalui media sosial. Instagram merupakan salah satu media sosial yang digunakan oleh 45 juta orang di Indonesia yang dimaksimalkan oleh perusahaan, pebisnis, dan content creator. Adanya pemanfaatan Instagram dalam aktivitas jurnalisme, membuat media televisi harus dapat menarik audiens dengan menggunakan format yang telah di sediakan oleh instagram tersebut dalam menyampaikan berita seperti penggunaan audio, teks dan visual. Kompas Tv merupakan salah satu media televisi berita yang dapat menarik audiensnya melalui Instagram dengan konsisten mengunggah konten video dan hingga kini telah berhasil mendapatkan 491 ribu followers . Untuk menggambarkan cara akun Instagram Kompas Tv menarik audience, penulis menggunakan Strategi Audience Engagement, Evans dan Mckee, dengan tahap penyajian dan pengelolaan (Consumption), Penyuntingan (Curation), sharing (Content Creation), dan Interaksi (Collaboration). Penelitian ini menggunakan paradigma positivistik, jenis penelitian kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif untuk mendapatkan gambaran dengan fakta yang akurat mengenai realitas yang terjadi, metodelogi yang digunakan merupakan Studi Kasus Robert K. Yin yang memiliki manfaat teoritis sebagai panduan untuk pengumpulan data. Penelitian ini juga lebih terfokus untuk menggambarkan cara akun Instagram Kompas Tv menarik audience dan mengkaitkannya dengan strategi audience engagement.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Media Televisi, Media sosial, Instagram, Strategi Audience Engagement. Kompas Tv
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 06 Mar 2020 08:08
Last Modified: 17 Apr 2023 06:05
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11259

Actions (login required)

View Item View Item