UMN Knowledge Center

Implementasi social network sebagai alat optimalisasi social customer relationship management (studi kasus PT. Blueray Technology - Solvo.co.id periode Juni-Desember 2013)

Laudus, Timotius (2014) Implementasi social network sebagai alat optimalisasi social customer relationship management (studi kasus PT. Blueray Technology - Solvo.co.id periode Juni-Desember 2013). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (287kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (852kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi seperti adanya social media kini banyak dimanfaatkan sebagai alat promosi, komunikasi ataupun pembangun hubungan. Hal ini mendorong Solvo sebagai perusahaan online yang berkembang untuk memaksimalkan kinerja Customer Relationship Management-nya. Solvo ingin memberikan pelayanan yang terbaik, yang pada akhirnya para pelanggan tidak sekedar puas tetapi dapat menciptakan loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan proses pemanfaatan media online dalam proses CRM. Dasar teori yang digunakan peneliti adalah Social CRM dan didukung oleh Customer Relations, Customer Relationship Management, Konsep Social Media, serta teori Social Presence. Penelitian ini bersifat Kualitatif - Deskriptif, dengan paradigma penelitian post-postivisme. Metode yang digunakan adalah studi kasus instrumental. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, serta studi dokumen. Fokus penelitian ada pada Social CRM yang dilaksanakan Solvo sebagai alat optimalisasi CRM secara keseluruhan. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah bahwa Solvo sebenarnya sudah dapat menjalankan konsep social CRM maupun traditional CRM yang sesuai dengan konsep yang dijelaskan oleh Paul Greenberg, walaupun memang masih ada beberapa hal yang dapat dikembangkan, seperti bagaimana respons terhadap kritik yang seharusnya dilakukan, serta melihat kesempatan untuk memanfaatkan testimonial pelanggan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD59-59.9 Marketing and Publicity > HD59.7 Customer Relationship Management
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Public Relations
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 18 Jul 2017 07:27
Last Modified: 28 Sep 2017 10:33
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/1133

Actions (login required)

View Item View Item