UMN Knowledge Center

Pembingkaian kenaikan harga BBM tahun 2014 pada masa pemerintahan presiden Joko Widodo (sudi analisis framing zhingdang pan dan Gerald M. Kosicki mengenai berita kenaikan harga BBM 2014 pada koran kompas, koran tempo, koran sindo dan media indonesia)

Fakhrana, Fakhrana (2015) Pembingkaian kenaikan harga BBM tahun 2014 pada masa pemerintahan presiden Joko Widodo (sudi analisis framing zhingdang pan dan Gerald M. Kosicki mengenai berita kenaikan harga BBM 2014 pada koran kompas, koran tempo, koran sindo dan media indonesia). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (848kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (841kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (871kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (832kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (756kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian terkait dengan pembingkaian mengenai peristiwa kenaikkan harga BBM bersubsidi tahun 2014 pada masa pemerintahan Joko Widodo dilakukan untuk melihat bagaimana Kompas, Koran Sindo, Koran Tempo dan Media Indonesia membingkai pemberitaan tersebut. Dalam melakukan penelitian, peneliti menggunakan pendekatan penelitian bersifat konstruktivistik dengan metode analisis framing milik Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Berdasarkan analisis framing yang peneliti lakukan, hasil yang diperoleh menunjukan Kompas, Koran Sindo, Koran Tempo dan Media Indonesia melakukan pembingkaian terkait pemberitaan kenaikan harga BBM bersubsidi pada masa pemerintahan Joko Widodo. Dari hasil penelitian diketahui Kompas, Koran Tempo dan Media Indonesia menerima kebijakan pemerintah menaikan harga BBM bersubsidi dengan penonjolan berbeda, Kompas menonjolkan bahwa kenaikan harga BBM bersubsidi untuk pembangunan Indonesia, Koran Tempo menonjolkan bahwa kenaikan harga BBM bersubsidi untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia dan Media Indonesia menonjolkan bahwa masyarakat tidak perlu mengkhawatirkan kenaikan harga BBM bersubsidi. Sedangkan Koran Sindo menolak kebijakan pemerintah menaikan harga BBM bersubsidi karena hanya membuat masyarakat menderita.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: A General Works > AN Newspapers
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99.7 Framing Analysis
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 29 May 2017 09:48
Last Modified: 27 Sep 2017 07:01
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/114

Actions (login required)

View Item View Item