UMN Knowledge Center

Implementasi social customer relationship management PT XL Axiata TBK untuk meningkatkan public engagement (studi kasus twitter dan facebook)

Rahmita, Soraya Windy (2013) Implementasi social customer relationship management PT XL Axiata TBK untuk meningkatkan public engagement (studi kasus twitter dan facebook). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (796kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Persaingan di dunia industri telekomunikasi membuat perusahaan-perusahaan telekomunikasi berlomba-lomba dalam mengambil hati pelanggan. Ada banyak cara yang digunakan untuk menarik pelanggan. Cara yang paling umum adalah dengan beriklan. Namun, dengan beriklan, hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya tidak akan mendalam. Menyadari hal ini, PT XL Aziata Tbk. memilih untuk mengambil simpati pelanggan melalui social CRM yang dijalaninya. Melihat tumbuhnya animo masyarakat dalam bersosial media menjadi celah tersendiri bagi XL Axiata untuk menjamah pelanggannya melalui sosial media. Sebagai industri yang bergerak di jasa telekomunikasi, aktifnya XL Axiata di sosial media juga memberikan dampak yang baik kepada hubungan antara publik dengan perusahaan. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini antara lain adalah Marketing Public Relations, Customer Relationship Management, Strategi CRM, Social CRM, Social Media, dan Strategi Social CRM. Adapun metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif-deskriptif, metode penelitianstudi kasus, serta teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menjabarkan bahwa implementasi Social CRM yang dijalankan melalui relationship dan conversation engagement memberikan dampak yang besar terhadap dalamnya hubungan antara perusahaan dengan publiknya di social media.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD59-59.9 Marketing and Publicity > HD59.7 Customer Relationship Management
H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE1-9990 Transportation and communications > HE9713-9715 Cellular telephone services industry. Wireless telephone industry
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Public Relations
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 18 Jul 2017 07:58
Last Modified: 28 Sep 2017 09:57
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/1149

Actions (login required)

View Item View Item