UMN Knowledge Center

perancangan ulang visual branding gerakan pencerah nusantara

Julian, Vevi (2018) perancangan ulang visual branding gerakan pencerah nusantara. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
bab i.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (812kB)
[img] Text
bab ii.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (10MB)
[img] Text
bab iii.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)
[img] Text
bab iv.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (14MB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (807kB)
[img] Text
bab v.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (811kB)
[img] Text
halaman awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text
lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Ketimpangan regional secara sosial dan ekonomi dalam sistem kesehatan Indonesia, menyebabkan rendahnya jaminan kesehatan bagi kaum marjinal. Hal ini mengarahkan pada rendahnya standar pelayanan kesehatan, yang meliputi kurangnya kapasitas dan kompetensi tenaga medis di daerah-daerah tertinggal lainnya. Pencerah Nusantara hadir sebagai gerakan sosial kepemudaan, bertujuan untuk memperkuat pelayanan kesehatan primer di daerah bermasalah kesehatan dengan harapan meningkatkan kesetaraan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Namun dalam pelaksanaannya, Pencerah Nusantara mengalami kesulitan menampung calon tenaga medis baru dan mengkomunikasikan programnya secara visual. Ketiadaan pedoman dan arahan dalam merancang media komunikasi dan promosinya menyulitkan Pencerah Nusantara untuk tampil konsisten dan kredibel sebagai gerakan yang diperuntukkan bagi profesional muda. Berdasarkan permasalahan dan kebutuhan meningkatkan brand awareness dan recognition Pencerah Nusantara terhadap target audiens, penulis menghadirkan solusi melalui perancangan ulang visual branding. Perancangan diawali dengan pengumpulan data melalui metode kualitatif (wawancara, observasi, dokumen), yang kemudian diolah lewat proses mind mapping dan brainstorming, sehingga menghasilkan creative brief sebagai konsep kreatif perancangan. Lewat perancangan ulang identitas visual, komunikasi brand, dan pedoman identitas baru Pencerah Nusantara, diharapkan semakin banyak pihak yang turut peduli dan berpartisipasi dalam perbaikan kesehatan masyarakat Indonesia.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts
N Fine Arts > N Visual arts > N61-72 Theory. Philosophy. Aesthetics of the visual arts
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Desain Komunikasi Visual
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 23 Jan 2020 02:17
Last Modified: 23 Jan 2020 02:17
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/11991

Actions (login required)

View Item View Item