UMN Knowledge Center

strategi customer relationship management (crm) pt. kia mobil indonesia dengan jejaring sosial facebook dalam membangun customer engagement

Gunawan, Andrew Jason (2012) strategi customer relationship management (crm) pt. kia mobil indonesia dengan jejaring sosial facebook dalam membangun customer engagement. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
bab i.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (825kB) | Preview
[img] Text
bab iv.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
bab iii.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (830kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab ii.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (778kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (894kB) | Preview

Abstract

Dilatarbelakangi oleh perkembangan industri otomotif nasional, yang semakin ketat, produsen mobil asing semakin banyak bermunculan. Adanya persaingan ketat menyebabkan perusahaan harus berupaya lebih, tidak hanya dalam memperluas pasar tetapi juga dalam mempertahankan pasar. Salah satu produsen kendaraan roda empat asal Korea Selatan, PT.KIA Mobil Indonesia berupaya untuk membangun customer engagement dengan strategi CRM (Customer Relationship Management) yang dilakukan lewat jejaring sosial, Facebook. Hal yang menarik dikaji ialah “Strategi CRM yang digunakan lewat jejaring sosial Facebook guna membangun customer engagement”. Penelitian menggunakan teori propaganda Harold Laswell sebagai acuan dalam dan mengunakan konsep CRM dan perkembangannya, Social CRM milik Paul Greenberg, Adam Mentz, dan strategi CRM dari Peppers dan Rogers. Dengan mengkombinasikan pengertian tersebut, penulis akan menggambarkan strategi CRM yang dilakukan perusahaan lewat jejaring sosial, khususnya Facebook. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan lewat wawancara mendalam terhadap narasumber dan pengamatan terhadap teks yang tertera di Facebook dan data bantuan dari sumber literatur. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa, CRM yang dilakukan PT. KIA Mobil Indonesia, belum dilakukan secara menyeluruh. Ada beberapa langkah yang terlewatkan sehingga implementasi strategi CRM tidak dapat dijalankan secara terukur. Penelitian ini menemukan bila, CRM yan dilakukan KIA lebih sesuai dengan model dan proses dari Social CRM, sebuah pengembangan dari CRM, yang mengutamakan interaksi dalam membangun hubungan antara perusahaan dan konsumen. Pada penelitian ini pula, penulis menemukan bahwa, hasil dari strategi CRM yang dilakukan KIA lewat jejaring sosial Facebook mampu menempatkan konsumen KIA pada tingkat pride dalam hierarki customer engagement.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD59-59.9 Marketing and Publicity
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD59-59.9 Marketing and Publicity > HD59.7 Customer Relationship Management
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Public Relations
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Jan 2020 07:34
Last Modified: 24 Jan 2020 07:34
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/12032

Actions (login required)

View Item View Item