UMN Knowledge Center

Pemaknaan Gaya Hidup Remaja Cewek Oleh Remaja Cowok Dalam Rubrik Cewek Hai

Martiani, Selvia (2012) Pemaknaan Gaya Hidup Remaja Cewek Oleh Remaja Cowok Dalam Rubrik Cewek Hai. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
bab i.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (857kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab ii.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (937kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab iii.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (841kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (853kB) | Preview
[img] Text
bab iv.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (806kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (989kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Majalah Hai adalah majalah remaja putra yang memfokuskan pada perkembangan dunia remaja saat ini. Salah satu kontennya adalah rubrik Cewek Hai yang berisi gaya hidup para remaja putri. Berdasarkan asumsi bahwa khalayak aktif menginterpretasikan isi media, maka hal yang menarik untuk diteliti adalah bagaimana pemaknaan para remaja putra mengenai gaya hidup remaja putri dalam rubrik ‘Cewek Hai’ dan faktor-faktor apa yang melatarbelakangi pemaknaan tersebut Penelitian ini mengacu pada studi budaya dari Stuart Hall yang mengasumsikan bahwa dalam memaknai isi teks media, khalayak melakukan proses decoding. Proses ini memasukkan unsur budaya didalamnya yang berperan sangat penting dalam pemaknaan isi media. Pemaknaan yang dilakukan khalayak terbagi menjadi 3 katagori, dominant code, negotiated code, dan oppositional code. Penelitian ini menggunakan metode reception analysis yang bersifat deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data tentang pemaknaan gaya hidup dalam rubrik Cewek Hai dilakukan dengan wawancara mendalam pada 5 informan pembaca majalah Hai yang dipilih secara purposive sampling. Data dianalisis berdasarkan kategori pemaknaan khalayak yaitu dominant code, negotiated code, dan oppositional code. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada sejumlah persamaan dalam hal fashion yang ditandai dominant code tentang ketertarikan remaja cewek dalam hal fashion. Sementara dalam hal lainnya, terjadi negosiasi karena menurut sebagian informan menganggap gaya hidup mereka sudah cenderung fokus pada hal-hal duniawi. Menurut informan, latar belakang lingkungan mereka menjadi salah satu faktor utama dalam gaya hidup yang mereka jalani.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 27 Jan 2020 02:11
Last Modified: 27 Jan 2020 02:11
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/12048

Actions (login required)

View Item View Item