UMN Knowledge Center

Rancang bangun aplikasi terapi penderita katsaridaphobia menggunakan metode flooding dan teknologi augmented dan virtual reality

Rahman, Fikri Auliya (2016) Rancang bangun aplikasi terapi penderita katsaridaphobia menggunakan metode flooding dan teknologi augmented dan virtual reality. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Fobia spesifik dapat disembuhkan dengan berbagai pengobatan. Pengobatan yang dianjurkan dan yang paling efektif adalah pengobatan in vivo, yaitu dengan memaparkan suatu objek atau situasi nyata kepada penderita. Namun, pengobatan in vivo menjadi tidak efektif lagi bila penderita terlalu takut melakukan pengobatan tersebut karena dapat berbahaya bagi penggunanya juga. Oleh karena itu, diperlukan suatu aplikasi dengan menggunakan teknologi yang dapat memaparkan suatu objek dalam bentuk maya. Penerapan teknologi Augmented Reality untuk pengobatan fobia merupakan upaya yang dilakukan untuk menciptakan pengobatan fobia yang lebih baik. Pengguna akan dipaparkan suatu objek maya pada dunia nyata dan objek maya tersebut dapat dikendalikan oleh seorang dokter. Lalu, metode yang digunakan merupakan metode pemaparan tingkat tinggi yaitu metode Flooding. Selain itu, penerapan teknologi Virtual Reality juga diterapkan untuk pengobatan fobia dalam bentuk Serious Game. Serious Game dalam pengobatan fobia bertujuan untuk mengatasi, mengalahkan,dan mengurangi tingkat ketakutan dan kecemasan penderita melalui sebuah permainan. Setelah implementasi, uji coba dilakukan kepada dokter. Menurut dokter, pengobatan ini dapat menurunkan tingkat ketakutan dan kecemasan penderita pada objek yang ditakutinya secara berangsur-angsur jika penderita melakukan terapi secara rutin. Uji coba juga dilakukan oleh 30 responden yang menilai aplikasi berdasarkan pertanyaan pada mode terapi dengan hasil Likert Scale sebesar 78.5%, mode permainan dengan hasil Likert Scale sebesar 77.5%, UI dengan hasil Likert Scale sebesar 86.67%, dan user experience dengan hasil Likert Scale sebesar 84.66%. Kata kunci: Pengobatan fobia, fobia spesifik, Augmented Reality, Virtual Reality, Flooding, Serious Game.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1199-1570 Games and amusements > GV1221-1469.63 Indoor games and amusements > GV1469.15-1469.62 Computer games. Video games. Fantasy games
R Medicine > R858-859.7 Computer applications to medicine. Medical informatics
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Informatika
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 18 Jul 2017 09:22
Last Modified: 04 Oct 2017 10:10
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/1205

Actions (login required)

View Item View Item