UMN Knowledge Center

perancangan media kampanye sosial mainan tradisional sebagai permainan yang menunjang perkembangan sosial anak 6-12 tahun di jakarta

Saputra, Harry (2013) perancangan media kampanye sosial mainan tradisional sebagai permainan yang menunjang perkembangan sosial anak 6-12 tahun di jakarta. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (801kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (968kB) | Preview

Abstract

Bermain merupakan dunia anak. Saat bermain anak-anak tidak hanya mendapat kegembiraan tetapi juga belajar banyak hal yang baik bagi perkembangan mereka. Salah satu permainan yang sudah akrab dikenal bahkan sebelum kemerdekaan bangsa Indonesia adalah permainan tradisional. Permainan tradisional merupakan permainan yang tercipta dan berkembang oleh budaya di masing-masing daerah. Permainan tradisional memiliki sifat kolektif, sehingga menuntut anak untuk berinteraksi dan bersosialisasi. Hal inilah yang akan mengajarkan anak untuk berempati dan menumbuhkan kepekaan sosial mereka. Namun, perkembangan jaman yang ditandai dengan era teknologi banyak memberi pengaruh besar terhadap permainan anak-anak khususnya di kota-kota besar. Permainan tradisional pun mulai tergusur dan tergantikan dengan permainan modern, yang disayangkan cenderung memiliki dampak negatif kepada anak-anak. Dampak negatif tersebut antara lain, suburnya sikap individualistis dan susahnya berinteraksi dengan masyarakat. Hal ini tentu saja berkebalikan dengan dampak permainan tradisional yang mengutamakan interaksi dan kebersamaan. Untuk menghindarkan anak-anak dari dampak buruk permainan modern yang menyerang aspek perkembangan sosial anak, maka penulis membuat kampanye sosial untuk mengajak dan memperkenalkan kembali permainan tradisional ini melalui berbagai media. Media yang dimaksud adalah media below the line yang secara langsung mengenai target audience yang spesifik yakni, orang tua dan anak.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1199-1570 Games and amusements
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Desain Komunikasi Visual
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 05 Feb 2020 08:17
Last Modified: 05 Feb 2020 08:17
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/12172

Actions (login required)

View Item View Item