UMN Knowledge Center

Perbandingan algoritma minimax dan algoritma genetik termodifikasi pada permainan gomoku

Dennis, Gregorius (2013) Perbandingan algoritma minimax dan algoritma genetik termodifikasi pada permainan gomoku. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (851kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (831kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (952kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (823kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (823kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (859kB) | Preview

Abstract

Permainan komputer saat ini sudah banyak yang mendukung single-player mode, dimana pemain dapat bermain sendiri melawan komputer yang dirancang untuk dapat berpikir seperti manusia atau dikenal sebagai artificial intelligence(AI). Oleh karena itu, teknologi untuk mendukung AI terus dikembangkan. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk membandingan algoritma minimax dan algoritma genetik pada permainan gomoku agar mendapatkan AI terbaik dalam mengambil keputusan. Penelitian dilakukan dengan merancang serta membuat program permainan gomoku yang dilengkapi dengan AI. Kedua algoritma dibandingkan berdasarkan empat kriteria yakni completeness, optimality, time complexity, dan space complexity. Hasil dari penelitian adalah algoritma minimax lebih unggul daripada algoritma genetika dalam segi optimality dan time complexity. Kata kunci: gomoku, minimax, artificial intelligence, genetik

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1199-1570 Games and amusements > GV1221-1469.63 Indoor games and amusements > GV1469.15-1469.62 Computer games. Video games. Fantasy games
T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T58.5-58.64 Information technology
T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T58.5-58.64 Information technology > T58.59 Algorithm
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Informatika
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Jul 2017 02:27
Last Modified: 05 Oct 2017 02:21
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/1243

Actions (login required)

View Item View Item