Pengaruh Kualitas Konten Berita Media Online terhadap Pembentukan News Trust dan Persepsi Audiens

Wirawan, Cynthia (2020) Pengaruh Kualitas Konten Berita Media Online terhadap Pembentukan News Trust dan Persepsi Audiens. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (632kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (398kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (927kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (111kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

PENGARUH KUALITAS KONTEN BERITA MEDIA ONLINE TERHADAP PEMBENTUKAN NEWS TRUST DAN PERSEPSI AUDIENS Cynthia Wirawan Dengan adanya perkembangan dalam media, peneliti ingin mengetahui tentang konten yang akan dihasilkan oleh media, khususnya media online yang kini sudah semakin berkembang. Peneliti ingin mengetahui bagaimana hubungan antara kualitas konten media online di Indonesia dengan pembentukan persepsi dan tingkat kepercayaan masyarakat (news trust). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan mixed methods, dimana peneliti akan mengukur variabel persepsi audiens, tingkat kepercayaan audiens (news trust) serta kualitas konten. Teori yang akan digunakan oleh peneliti adalah teori uses & gratifications yang dianggap sesuai dengan topik penelitian yang dipilih. Subjek penelitian yang akan diteliti terdiri dari 214 orang milenial dengan tahun kelahiran 1981-1996 dengan purposive sampling. Survei ini disebarkan untuk masyarakat yang tinggal di DKI Jakarta. FGD dilakukan melalui 3 rangkaian FGD dengan subjek dipilih secara random melalui kuesioner penelitian yang telah didapatkan sebelumnya. Hipotesis dari penelitian ini adalah adanya pengaruh positif antara kualitas konten sebuah media online terhadap pembentukan persepsi serta tingkat kepercayaan masyarakat di Indonesia. Kualitas konten dan tingkat kepercayaan audiens memiliki korelasi yang sangat kuat antara variabel kualitas konten dengan tingkat kepercayaan audiens (news trust) yaitu sebesar 0,826 dengan nilai signifikansi 0,00. Relevance, Comprehensibility, Accuracy dan Impartiability adalah indikator kualitas konten berita yang paling banyak mendapat suara dalam kuesioner maupun bahasan para responden saat FGD. Dari hasil FGD, didapat bahwa isi konten berpengaruh besar terhadap tingkat kepercayaan dan penilaian audiens terhadap media walau beberapa ada yang masih terpengaruh nama besar atau brand image media. Hal ini seperti yang didapatkan dalam riset terdahulu Urban dan Schweiger (2013) yang mengungkapkan jika brand image perusahaan juga memengaruhi kepercayaan audiens terhadap media.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: media online, persepsi audiens, tingkat kepercayaan audiens, news trust, kualitas konten, mixed method
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.24 Content of Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 11:09
Last Modified: 13 May 2023 07:51
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13147

Actions (login required)

View Item View Item