UMN Knowledge Center

Analisis isi fanpage datsun indonesia dalam membentuk brand identity (periode oktober 2013)

Nurisya, Diandra (2014) Analisis isi fanpage datsun indonesia dalam membentuk brand identity (periode oktober 2013). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (798kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (872kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (889kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (795kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Krisis global memicu Indonesia untuk meningkatkan persaingan domestik. Salah satunya melalui produksi mobil LCGC yang disambut antusias oleh pemain industri otomotif, termasuk Datsun yang dituntut untuk membentuk brand identity yang kemudian dilakukan melalui social media Facebook. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan aktivitas Fanpage Datsun Indonesia dalam membentuk brand identity dan melihat respon fans terhadap pesan yang disampaikan oleh Datsun. Konsep utama yang digunakan adalah kajian brand identity. Brand identity dalam penelitian ini terdiri dari enam perspektif yaitu merek sebagai produk, kumpulan nilai, pribadi, posisi, simbol dan organisasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi yang didukung dengan data wawancara. Sampel yang digunakan adalah 53 posting dari Datsun baik berupa teks dan gambar pada periode Oktober 2013. Wawancara dilakukan dengan Manajer Marketing & Communication Strategy Datsun dan tiga fans Fanpage Datsun Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Datsun belum maksimal dalam membentuk brand identity berdasarkan keenam perspektif identitas merek. Pembentukan brand identity yang cukup kuat hanya terdapat pada perspektif merek sebagai simbol dan perspektif merek sebagai pribadi. Sedangkan dalam pembentukan brand identity melalui komunitas virtual risers, Datsun terlalu lama menjual mimpi tanpa bukti sehingga menimbulkan keraguan di benak fans.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication > HD30.2 Branding
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication > HD30.5 Media Marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Public Relations
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 25 Jul 2017 06:59
Last Modified: 29 Sep 2017 07:19
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/1323

Actions (login required)

View Item View Item