Analisis Pengaruh Perceived Risk, Perceived Ease Of Use Perceived Price And Product Variety Terhadap Intention To Use Mobile Booking Applications Melalui Attitude Towards Mobile Booking Apps

Susanti, Eveline (2017) Analisis Pengaruh Perceived Risk, Perceived Ease Of Use Perceived Price And Product Variety Terhadap Intention To Use Mobile Booking Applications Melalui Attitude Towards Mobile Booking Apps. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (924kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (891kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (716kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Konsep ekonomi berbagi atau yang dikenal sebagai sharing economy mulai berkembang pada awal tahun 2000-an yang membuat banyak bisnis bermunculan dengan konsep bisnis ini. Salah satu perusahaan yang berdiri dengan konsep ekonomi berbagi adalah Airbnb. Airbnb merupakan platform yang menyediakan penginapan di berbagai kota dan negara dengan konsep menginap yang berbeda dari hotel. Airbnb masuk ke Indonesia di dukung oleh perkembangan industri pariwisata yang mengalami peningkatan setiap tahunnya, hal tersebut membuat kebutuhan akan akomodasi di berbagai kota dan negara pun turut meningkat. Melalui aplikasi ini, Airbnb berharap dapat membantu kebutuhan akomodasi konsumen diberbagai kota dan negara yang dituju dengan lebih mudah. Adapun permasalahan pada penelitian ini diajukan untuk mengetahui apakah intention to use calon konsumen Airbnb dipengaruhi oleh perceived risk, perceived ease of use, perceived price, dan product variety melalui attitude towards mobile booking apps. Model teoritis dalam penelitian ini disampaikan dengan lima hipotesis yang akan diuji menggunakan Structural Equation Model. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden, dengan screening berupa pernah melakukan pemesanan penginapan sendiri, memiliki aplikasi Airbnb, pernah mengakses aplikasi tersebut, serta memiliki rencana berlibur di dalam negeri selama tahun 2017, tetapi belum pernah melakukan pemesanan penginapan melalui aplikasi Airbnb dengan rentang usia 18-37 tahun. Hasil analisis menunjukan bahwa perceived price dan product variety berpengaruh positif terhadap intention to use mobile booking applications melalui attitude towards mobile booking apps. Namun ditemukan juga bahwa, perceived risk dan perceived ease of use berpengaruh negatif terhadap attitude towards mobile booking apps. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari kelima hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, tidak semua hipotesis sesuai dengan hasil temuan penelitian sebelumnya. Sehingga berdasarkan kesimpulan tersebut, maka dapat disarankan bahwa Airbnb dapat lebih mengembangkan perceived risk dan product variety untuk dapat meningkatkan intention to use mobile booking applications melalui attitude towards mobile booking apps.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > 338 Production (Agriculture, Business Enterprise, Extraction of Minerals, General Production) > 338.01 Factors of Production
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Management
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Jul 2017 01:50
Last Modified: 16 May 2023 01:05
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/1337

Actions (login required)

View Item View Item