UMN Knowledge Center

Peran dan strategi media relations pt lippo karawaci tbk

Kurniawan, Evelyn Alberta (2013) Peran dan strategi media relations pt lippo karawaci tbk. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (767kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (843kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (747kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan media relations adalah suatu hal yang tidak bisa dihindarkan dalam aktivitas bisnis perusahaan di Indonesia, tidak terkecuali oleh PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR), karena posisi media sebagai pembentuk opini publik yang masih kuat dalam masyarakat. Pembentukan opini publik ini mengarah pada terciptanya citra dan reputasi positif perusahaan yang dibutuhkan untuk memperoleh kepercayaan dari publik di tengah persaingan bisnis properti yang semakin ketat di Indonesia. PT Lippo Karawaci Tbk juga memerlukan citra dan reputasi yang positif untuk memperoleh kepercayaan publik karena Chairman perusahaan yang sempat terlibat kegagalan bisnis di masa lalu. Penelitian ini menggunakan konsep peran Public Relations oleh Broom dan Dozer, proses media relations dari Hendrix dan Hayes, yang digunakan sebagai fokus dari penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan melalui wawancara mendalam dan studi dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Divisi Corporate Communications PT Lippo Karawaci Tbk telah melakukan peranan sebagai teknisi komunikasi, penasihat ahli, dan fasilitator komunikasi melalui kegiatankegiatan media relations dimana peranan sebagai teknisi komunikasi adalah peranan yang paling dominan dan jelas terlihat. Empat tahap proses media relations juga telah dijalankan, mulai dari tahap riset, penentuan tujuan, programming, hingga evaluasi. Divisi Corporate Communication berfokus untuk menjangkau media cetak koran dan portal berita online sebagai media utama untuk menjangkau publik perusahaan. Strategi media relations yang digunakan adalah dengan menjalin hubungan interpersonal yang profesional antara praktisi Public Relations perusahaan dengan wartawan dan selalu menciptakan news value dalam setiap kegiatan media relations perusahaan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication > HD30.1 Media Relations
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Public Relations
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 26 Jul 2017 03:47
Last Modified: 28 Sep 2017 09:53
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/1341

Actions (login required)

View Item View Item