Analisis Kepuasan dalam Melakukan Kegiatan News Sharing di Media Sosial

Andrian, Steifen (2020) Analisis Kepuasan dalam Melakukan Kegiatan News Sharing di Media Sosial. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (450kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (434kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (340kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Media sosial sudah menjadi sebuah gaya hidup bagi generasi ini. Media sosial tidak hanya menjadi hiburan semata namun sekarang menjadi salah satu sumber berita atau informasi seputar kejadian yang terjadi di dunia. Dengan hadirnya media sosial sebagai sumber berita, media konvensional memiliki saingan dalam menentukan berita mana yang dirasa penting untuk disebarluaskan kepada masyarakat. Kegiatan Gatekeeping yang dulu hanya dilakukan oleh para jurnalis yang ada di media, sekarang mulai berpindah kepada pengguna media sosial. Alasannya sederhana, pengguna media sosial dapat dengan bebas menentukan pilihannya untuk membagikan sebuah berita di akun media sosial mereka. Pembagian berita atau fenomena news sharing ini disinyalir sebagai sebuah fenomena yang sedang berkembang di masa informasi yang begitu cepat tersebar. Hanya ada satu faktor yang menentukan berita mana yang ingin disebarkan oleh pengguna, yaitu apakah pengguna atau user menganggap berita tersebut layak untuk dibagikan atau tidak. Setelah membagikan berita tersebut, biasanya user akan mendapatkan sebuah kepuasan yang mendorongnya untuk melakukan hal yang sama berulang-ulang. Kepuasan yang didapatkan perlu diteliti lebih lanjut dengan relasinya terhadap para pengguna. Dengan mengetahui kepuasan yang didapatkan oleh user, media atau organisasi yang menulis sebuah konten berita dapat mengarahkan berita apa yang lebih baik dibagikan di media sosial dan disebarkan dan mana yang tidak. Hal ini dapat terjadi karena rata-rata pengguna media sosial merupakan generasi milenial yang mendapatkan kepuasan dari penggunaan media sosial mereka. Kepuasan ini dapat diteliti melalui teori uses and gratifications. Penelitian ini berfokus kepada kepuasan yang didapatkan ketika pengguna media sosial membagikan sebuah berita. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Metode studi kasus yang digunakan adalah Studi Kasus dari Robert K. Yin. Key informan dari penelitian ini adalah generasi milenial yang berumur 17-34 tahun. Hasil dari penelitian ini adalah secara umum ada empat jenis kepuasan yang didapatkan oleh para informan, yang pertama adalah kepuasan karena bisa membantu orang lain yang menghasilkan rasa senang, kepuasan karena dapat bersosialisasi dengan sesama user, kepuasan karena telah menjalankan tugas atau kewajiban dan kepuasan karena merasa telah mengedukasi orang lain.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Media Sosial, Uses and Gratifications, News Sharing, Media Online, Millenials
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 05 Dec 2020 08:02
Last Modified: 15 Apr 2023 01:36
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13411

Actions (login required)

View Item View Item