UMN Knowledge Center

Pembingkaian isu maraknya tenaga kerja asing asal Tiongkok di Indonesia pada media online detikcom periode 30 Juni-9 September 2015 (Sebuah analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki)

Egan, Yonathan (2016) Pembingkaian isu maraknya tenaga kerja asing asal Tiongkok di Indonesia pada media online detikcom periode 30 Juni-9 September 2015 (Sebuah analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI - YONATHAN EGAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat konstruksi realitas kasus maraknya tenaga kerja asal Tiongkok yang terbentuk dalam artikel pemberitaan media online Detikcom. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sedangkan untuk sifat penelitian ini adalah deskriptif. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivis.Proses framing adalah proses membuat suatu pesan lebih menonjol dan sebuah informasi yang disajikan lebih fokus daripada informasi lainnya. Sehingga, akan mendapatkan perhatian lebih dari khalayak. Penelitian ini akan melihat keempat unsur framing dari Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki.. Unit analisis penelitian ini adalah 13 artikel yang diterbitkan oleh media online Detikcom yang membahas tentang isu maraknya pekerja asing asal Tiongkok periode 30 Juni hingga 9 September 2015 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Detikcom dalam pemberitaannya membingkai ada isu maraknya pekerja asing asal Tiongkok tetapi bukan sebuah isu yang harus diperdebatkan dan dibesar-besarkan karena isu ini sudah dibantah oleh pihak pemerintah dan masih sesuai dengan aturan yan berlaku. Konstruksi sosial yang terbentuk adalah Detikcom lebih berpihak kepada pemerintah yang membantah adanya isu maraknya pekerja asing asal Tiongkok dan menuntut agar isu ini tidak dibesar-besarkan. Ini terlihat dari pemilihan fakta dan informasi yang ditonjolkan dalam setiap pemberitaan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD4801-8943 Labor. Work. Working class > HD5701-6000.9 Labor market. Labor supply. Labor demand
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99.7 Framing Analysis
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 31 May 2017 08:09
Last Modified: 31 May 2017 08:09
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/135

Actions (login required)

View Item View Item