Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perceived Value dan Transaction Cost serta Implikasinya pada Intention to Use: Telaah pada Pengguna Smart Locker PopBox

Gunadi, Kelvin (2020) Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perceived Value dan Transaction Cost serta Implikasinya pada Intention to Use: Telaah pada Pengguna Smart Locker PopBox. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (778kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (383kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan era digital di seluruh dunia yang begitu cepat, mendorong perubahan signifikan dalam gaya hidup masyarakat tanpa terkecuali di Indonesia. Salah satu perkembangan industri akibat pertumbuhan di era digital adalah industri e-commerce atau marketplace. Indonesia merupakan pasar e-commerce terbesar di Asia Tenggara. Hal ini mendorong industri logistik juga ikut berkembang akibat tingginya aktivitas belanja online di Indonesia. Konsumen akan menggunakan suatu layanan jasa pengiriman secara berulang-ulang jika layanan tersebut bisa memberikan tingkat convenience, privacy security, dan reliability yang berdampak pada perceived value yang didapatkan dan transaction cost yang dikeluarkan. Hal ini kemudian akan mempengaruhi intention to use seseorang terhadap suatu layanan jasa pengiriman. PopBox merupakan salah satu bisnis logistik berbasis smart locker pertama di Indonesia yang hadir sebagai solusi baru terhadap permasalahan logistik pengiriman di Indonesia. Oleh karena itu, peneliti ingin menganalisis apakah convenience, privacy security, reliability memiliki pengaruh terhadap perceived value dan transaction cost, serta implikasinya terhadap intention to use seseorang. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 237 responden. Data yang diperoleh kemudian akan diolah menggunakan SPSS versi 25 dan LISREL versi 8.8. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa convenience, privacy security, dan reliability memiliki pengaruh positif terhadap perceived value sedangkan hanya convenience dan reliability yang memiliki pengaruh negatif terhadap transaction cost. Selain itu, perceived value terbukti memiliki pengaruh positif terhadap intention to use smart locker dan transaction cost juga terbukti memiliki pengaruh negatif terhadap intention to use smart locker.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: convenience, privacy security, reliability, perceived value, transaction, intention to use smart locker, behavior intention
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 04:07
Last Modified: 21 Jun 2023 08:44
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13748

Actions (login required)

View Item View Item