Representasi Citra Garuda Indonesia pada Masa Covid-19 (Studi Semiotika Roland Barthes pada Unggahan Youtube Garuda Indonesia Periode Maret-April 2020)

Bayu Yubillianto, Stefanus (2020) Representasi Citra Garuda Indonesia pada Masa Covid-19 (Studi Semiotika Roland Barthes pada Unggahan Youtube Garuda Indonesia Periode Maret-April 2020). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (419kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (188kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (174kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (575kB)

Abstract

Pemanfaatan media sosial dengan menampilkan video corporate advertising menjadi sebuah alternatif baru bagi perusahaan untuk menampilkan citranya di mata masyarakat. Situasi pandemi Covid-19 ini dipandang oleh Garuda Indonesia untuk memberikan layanan dan kontribusi di masa Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran atau repesentasi citra merek dari Garuda Indonesia yang merupakan maskapai penerbangan yang turut memberikan kontribusinya kepada masyarakatdi tengah pandemi virus Covid-19 yang tidak diprediksi datangnya. Representasi citra Garuda Indonesia berusaha diketahui melalui tanda-tanda berupa pesan gestural dan emosi yang muncul dalam tayangan tersebut. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode penelitian semiotika. Data akan dianalisis menggunakan teknik analisis semiotika Roland Barthes. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat tanda-tanda yang merepresentasikan citra Garuda Indonesia pada masa Covid-19 melalui pelayanan dan aktifitas yang dilakukan Garuda Indonesia. Representasi citra Garuda Indonesia dalam hal kualitas pelayannan, rasa simpati, empati, serta solidaritas tergambarkan melalui analisis lima kode pembacaan Roland Barthes.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Representasi, Citra Merek, Analisis Semiotika Roland Barthes, Garuda Indonesia, Corporate Advertising, Lima Kode Pembacaan Roland Barthes
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 05 Dec 2020 03:54
Last Modified: 15 Apr 2023 07:10
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13768

Actions (login required)

View Item View Item