Kesetaraan Gender dalam Kinerja Corporate Communication di Perusahaan Tekstil dan Produk Tekstil: Studi pada Karyawan Perempuan Danliris Group

Gloria Handri, Edelia (2020) Kesetaraan Gender dalam Kinerja Corporate Communication di Perusahaan Tekstil dan Produk Tekstil: Studi pada Karyawan Perempuan Danliris Group. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (623kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (210kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (729kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (183kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesetaraan gender dalam kinerja Corporate Communication di perusahaan tekstil dan produk tekstil dengan studi pada karyawan perempuan Danliris Group. Konsep yang digunakan adalah kesetaraan gender di lingkungan kerja, Corporate Communication dan employee communication. Data dikumpulkan dengan wawancara mendalam secara daring. Penelitian ini menghasilkan simpulan bahwa Corporate Communication berkolaborasi dengan Human Resources Development mengakomodir enam upaya perusahaan untuk mewujudkan kesetaraan gender dengan memberikan kesempatan bekerja dan progress karir bagi perempuan, memantau hambatan-hambatan perempuan selama berkarir, mengakui dan menghargai praktik kesetaraan gender yang baik, melakukan pemberdayaan perempuan, menghadirkan role model perempuan, dan mengadakan kebijakan work-life balancing. Upaya yang dilakukan meliputi sepuluh aspek kesetaraan gender yaitu hak asasi manusia, kemiskinan, pendidikan dan pelatihan, kesehatan, kekerasan dan pelecehan seksual kepada perempuan, ekonomi, kekuasaan dan pengambilan keputusan, media, lingkungan, dan hak anak. Penelitian ini juga menemukan bahwa latar belakang budaya Jawa yang cenderung patriarki yang menjadi budaya organisasi, pemimpin perusahaan, dan budaya karyawan dapat menghambat karyawan perempuan untuk mengartikulasi hak-haknya di lingkungan kerja di perusahaan tekstil dan produk tekstil yang berkaitan erat dengan employee communication yang Corporate Communication lakukan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: gender, kesetaraan gender, karyawan perempuan, corporate communication, employee communication
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 03:47
Last Modified: 26 Apr 2023 05:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13778

Actions (login required)

View Item View Item