UMN Knowledge Center

Strategi komunikasi internal pt elnusa tbk dalam penguatan budaya perusahaan

Natalia, Kiki (2014) Strategi komunikasi internal pt elnusa tbk dalam penguatan budaya perusahaan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (760kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (615kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas strategi komunikasi internal PT Elnusa Tbk dalam penguatan budaya perusahaan. Penelitian dilatarbelakangi oleh dinamika bisnis yang menuntut perusahaan untuk menjalankan berbagai langkah adaptif, salah satunya adalah menegakkan kembali budaya perusahaan sebagai dasar kerja bagi karyawan. Langkah ini disusun guna mendukung visi baru perusahaan menjadi The Trusted Energy Services Company. Agar budaya perusahaan tersebut dapat terinternalisasikan dengan baik, maka dibutuhkan fungsi komunikasi internal untuk mengkomunikasikannya kepada seluruh karyawan. Penelitian ini dikaji menggunakan konsep corporate communication planning oleh Joep Cornelissen. Penelitian berjenis kualitatif dan bersifat deskriptif. Metodologi penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa studi dokumen, wawancara mendalam, dan observasi langsung. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan PT Elnusa Tbk menggunakan strategi culture reminding yang dijabarkan ke dalam implementasi taktik berupa launching budaya perusahaan, pembahasan mendalam pada buletin internal perusahaan, dan publikasi via news flash dan teaser. Media yang digunakan adalah media cetak, online dan event perusahaan. Meski begitu, penguatan budaya perusahaan masih dalam proses transisi, sehingga diperlukan komunikasi internal yang berkesinambungan dalam jangka waktu yang relatif panjang. Hal ini dikarenakan budaya perusahaan belum sepenuhnya melekat dalam diri karyawan PT Elnusa Tbk.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2350.8-2356 Large industry. Factory system. Big business > HD2709-2930.7 Corporations
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Public Relations
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 26 Jul 2017 04:29
Last Modified: 29 Sep 2017 03:58
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/1405

Actions (login required)

View Item View Item