Pengaruh E-WOM dalam Bentuk Ulasan Online pada FemaleDaily.com terhadap Keputusan Pembelian SK-II

Indah Permata Sari, Livia (2020) Pengaruh E-WOM dalam Bentuk Ulasan Online pada FemaleDaily.com terhadap Keputusan Pembelian SK-II. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (747kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (827kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (519kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (545kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Pola pencarian informasi oleh konsumen semakin berkembang, salah satunya lewat munculnya fenomena ulasan online, yang merupakan salah satu bentuk electronic word of mouth. Ulasan online merupakan salah satu bentuk electronic word of mouth yang terpisah dari merek sehingga konsumen lebih mempercayai ulasan dibanding sumber informasi lain yang berasal dari merek. Hal ini juga berlaku bagi para konsumen produk perawatan kulit yang sering mencari informasi mengenai ulasan online di situs ulasan kecantikan seperti FemaleDaily.com. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Electronic Word of Mouth dalam Ulasan Online terhadap Keputusan Pembelian produk perawatan kulit SK-II serta besaran pengaruhnya. Teori yang digunakan penelitian ini adalah Social Judgment Theory yang membahas tentang bagaimana seseorang menilai sesuatu berdasarkan relevansi informasi tersebut dengan dirinya. Penelitian ini bersifat kuantitatif eksplanatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner yang disebar secara online kepada 207 responden yang membaca ulasan produk Facial Treatment Essence SK-II di FemaleDaily.com dengan Purposive Sampling. Kemudian datadata yang diperoleh dianalisa menggunakan Uji Regresi Linear Sederhana dan hasil penelitian menyatakan bahwa Electronic Word of Mouth dalam bentuk Online Customer Review berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian produk perawatan kulit SK-II sebesar 47,9% sehingga dapat disimpulkan bahwa electronic word of mouth berada di dalam kategori Latitude of Acceptance dari Social Judgment Theory. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada merek untuk dapat mengembangkan ulasan online menjadi strategi pemasaran yang tepat untuk mencapai tujuan merek ke depannya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Electronic Word of Mouth, FemaleDaily.com, Keputusan Pembelian, Ulasan Online, Social Judgment Theory
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2020 17:05
Last Modified: 27 Apr 2023 00:47
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14694

Actions (login required)

View Item View Item