UMN Knowledge Center

Pemaknaan prosesi 'Baralek' Nagari Padang

Elia, Stephanie (2016) Pemaknaan prosesi 'Baralek' Nagari Padang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-PEMAKNAAN PROSESI BARALEK NAGARI PADANG (corrupted).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkawinan merupakan suatu fase kehidupan yang akan dijalani oleh manusia.Perkawinan bagi orang Minang dianggap sebagai suatu masa peralihan hidup yang amat penting. Setelah menikah, seseorang dianggap telah memasuki dunia dewasa dan mengalami peralihan status dari kemenakan menjadi urang (orang). Bagi orang Minang, perkawinan merupakan sebuah bentuk peresmian ikatan atau hubungan timbal balik antara dua kaum yang dipersatukan dalam sebuah ikatan perkawinan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menjadikan konstruktivis sebagai paradigma penelitian. Penelitian ini bersifat deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode etnografi komunikasi, dikarenakan penelitian ini berfokus pada pemaknaan rangkaian prosesi adat ‘Baralek’ Nagari Padang, Kota Padang, Sumatera Barat. Teori yang melatarbelakangi penelitian ini adalah teori interaksionisme simbolik dan etnografi komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui komponen komunikasi yang terkandung dalam prosesi adat ‘Baralek’ Nagari Padang; (2) Mengetahui situasi komunikasi dari prosesi adat ‘Baralek’ Nagari Padang; (3) Mengetahui tindakan komunikasi prosesi adat ‘Baralek’ Nagari Padang. (4) Mengetahui makna prosesi adat ‘Baralek’ Nagari Padang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas komunikasi dalam prosesi adat ‘Baralek’ Nagari Padang dibangun dari peristiwa, situasi, dan tindakan komunikasi. Masyarakat Minangkabau memaknai prosesi adat ‘Baralek’ Nagari Padang sebagai sebuah kewajiban adat dan bagian dari identitas mereka sebagai orang Minangkabau. Dalam pelaksanaannya ‘Baralek’ menjunjung nilai Islami yang dipegang teguh dan dijadikan sebagai pedoman dalam bertindak.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN301-674 Ethnology. Social and cultural anthropology > GN357-367 Culture and cultural processes Including social change, structuralism, diffusion, etc.
?? H1.1 ??
H Social Sciences > HM Sociology > HM621-656 Culture
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 05 Jun 2017 01:23
Last Modified: 05 Jun 2017 01:23
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/152

Actions (login required)

View Item View Item