UMN Knowledge Center

Implementasi shallow parsing natural language processing pada sistem automatic customer service

Antares, Ahmad Eries (2013) Implementasi shallow parsing natural language processing pada sistem automatic customer service. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (841kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (841kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (874kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (809kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (806kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (787kB) | Preview

Abstract

Sebuah sistem hasil implementasi teknologi Natural Language Processing, Question Answering System dengan metode Shallow-Parsing untuk Bahasa Indonesia. Implementasi ini dilakukan pada sebuah sistem tanya-jawab untuk automatic customer service. Pada penelitian ini, teknologi yang digunakan dalam melakukan parsing untuk Information Extraction (IE) System adalah metode Shallow-Parsing. Sedangkan untuk teknologi yang digunakan dalam Speech Recognition dan Text-to-Speech adalah Android SpeechRecognizer dari Google API. Dari data hasil uji coba penelitian diperoleh bahwa implementasi teknologi Shallow-Parsing ini telah berhasil digunakan pada Natural Language Processing khususnya Question Answering System. Dimana sistem dapat melakukan ekstraksi informasi serta text chunking seperti frasa tanya, dan frasa - frasa kunci yang terdapat di dalam input yang diberikan. Untuk implemetasinya pada sistem automatic customer service sendiri, diperoleh hasil pengujian yang juga cukup baik dimana dari 100 pertanyaan yang diujikan, sistem berhasil menjawab 89 pertanyaan dengan benar sehingga akurasi kebenaran jawaban sistem ini adalah 89% untuk 100 pertanyaan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T58.5-58.64 Information technology
T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T59.7-59.77 Human engineering in industry. Man-machine systems
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Informatika
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 02 Aug 2017 04:08
Last Modified: 05 Oct 2017 02:19
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/1559

Actions (login required)

View Item View Item